Tingkatkan Kesejahteraan, OJK Inisiasi Bank Wakaf Mikro di Daerah

Otoritas Jasa Keuangan

Arah - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi pembentukan Bank Wakaf Mikro di daerah. Upaya ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan akses keuangan bagi seluruh lapisan.

"Kami menginisiasi pembentukan Bank Wakaf Mikro di daerah sebagai upaya OJK tidak hanya fokus pada nasabah besar tetapi juga mendorong penyediaan akses keuangan bagi masyarakat kecil,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam keterangan tertulis, Jumat (6/9/2019).

Menurut Wimboh skema dalam Bank Wakaf Mikro merupakan terobosan baru yang dirancang sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat kecil. Pembiayaan yang diberikan cukup mudah dan murah dengan margin hanya 3 persen per tahun tanpa agunan.

Ke depan, lanjut dia, pemanfaatan teknologi Bank Wakaf Mikro akan terus didorong, seperti untuk memasarkan produk, meningkatkan kapasitas pelayanan, maupun mengembangkan usahanya.

Hingga Juli 2019, terdapat 52 Bank Wakaf Mikro yang tersebar di 15 provinsi. Nilai total pembiayaannya mencapai Rp24,9 miliar untuk 19.543 nasabah yang terdiri dari 2.374 kelompok usaha masyarakat sekitar pesantren Indonesi (Kumpi).

Baca Juga: OJK Umumkan Hasil Audit Laporan Keuangan Garuda Hari Ini
OJK Dorong BPR Masuk Era Digital, Ini Alasannya

Provinsi Jawa Tengah memiliki 11 Bank Wakaf Mikro atau yang terbanyak di antara provinsi lainnya di Indonesia dengan membina 270 nasabah. Adapun nilai pembiayaan Rp270 juta yang kebanyakan merupakan kelompok masyarakat produktif dengan usaha kecil jajanan tradisional, kerajinan anyaman bambu dan bahan makanan pokok.

Berita Terkait

OJK : Kondisi 15 Bank Berdampak Sistemik Aman OJK : Kondisi 15 Bank Berdampak Sistemik Aman
OJK Tetap Batasi Akses Data Pribadi Bagi 'Fintech Lending' OJK Tetap Batasi Akses Data Pribadi Bagi 'Fintech Lending'
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan

#OJK #bank #jawa tengah #Keuangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar