Makna di Balik Penutupan Logo KPK dengan Kain Hitam

Dok Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto:Arah.com)

Arah - Rencana revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) terus menuai penolakan. Pimpinan bersama pegawai KPK melakukan aksi simbolik menutup tulisan 'Komisi Pemberantasan Korupsi' di Gedung KPK dengan kain hitam pada Minggu (8/9/2019).

Mereka menutup tiga logo KPK di bagian depan gedung KPK, di tembok sebelah kanan di depan gedung dan bagian paling atas gedung dengan kain hitam. Aksi ini sebagai simbol matinya KPK jika UU KPK nantinya benar-benar direvisi. Revisi UU KPK dinilai akan melemahkan kinerja lembaga antirasuah dalam memberantas korupsi.

"Ini hanya sebuah simbol. Kita menutup dan mengingatkan jalan panjang yang harus dilalui negeri ini. Dari pada sekadar membahas UU KPK yang kita harap kalaupun tadinya ada perubahan harusnya memperkuat bukan memperlemah," ujarnya di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2019).

Saut mengutip ucapan pelukis Frida Kahlo yang mengatakan dirinya tidak pernah melukis ketakutan, tetapi realita. KPK, lanjut Saut, tidak pernah takut untuk mengungkapkan kenyataan.

"Quotes itu saya sampaikan bahwa KPK tidak pernah takut tapi KPK bicara kenyataan," tegasnya.

Baca Juga: 10 Persoalan dalam Draf Revisi UU KPK
Presiden Berharap DPR Miliki Semangat Sama Perkuat KPK

Dikatakan Saut, KPK tidak alergi dengan rencana revisi UU KPK. Hanya saja revisi yang dilakukan harus menguatkan kinerja KPK dalam upaya pemberantasan korupsi dan bukan sebaliknya. Dia mencontohkan perlunya penambahan deputi penindakan.

"Saya ingin sebenarnya Deputi penindakan ditambah lagi, sebagai financial intelijen yang belum ada. Jadi kalau untuk memperkuat kenapa tidak," tandasnya

Berita Terkait

10 Persoalan dalam Draf Revisi UU KPK 10 Persoalan dalam Draf Revisi UU KPK
Tolak Revisi UU KPK, Agus Berharap pada Presiden Jokowi          Tolak Revisi UU KPK, Agus Berharap pada Presiden Jokowi
Presiden Berharap DPR Miliki Semangat Sama Perkuat KPK Presiden Berharap DPR Miliki Semangat Sama Perkuat KPK

#kpk #Revisi UU KPK #DPR #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar