Mengenal Desa DeMIT yang Manfaatkan Website Jadi Media Informasi

Desa Dermaji Melek Informasi dan Teknologi atau Desa DeMIT. (Foto:menpan.go.id)

Arah -Kabupaten Banyumas terus berupaya untuk meningkatkan kemandirian desa melalui pemanfaatan informasi dan teknologi, khususnya di desa terpencil yang berada di wilayah pegunungan dan perbukitan.

Desa Dermaji yang terletak di ujung barat Banyumas memanfaatkan ketersediaan teknologi informasi untuk pengembangan desa mereka. Dengan inovasi, Desa Dermaji Melek Informasi dan Teknologi atau Desa DeMIT, mereka memanfaatkan website sebagai media informasi.

Bupati Banyumas Achmad Husein menjelaskan, website desa adalah sebuah platform yang memungkinkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan masyarakat ditampilkan, dengan cara yang cepat, mudah, dan murah.

“Kita memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung tata kelola sumber daya desa, baik SDA maupun SDM, tata kelola pelayanan publik dan peningkatan partisipasi warga desa,” ujarnya beberapa waktu lalu dikutip dari menpan.go.id.

Sebelum adanya inovasi ini, Desa Dermaji menghadapi dua tantangan besar dalam pembangunan desa. Pertama, belum dikenalnya potensi desa secara luas, sehingga dukungan berbagai sumber daya yang diperlukan belum optimal. Kedua, pelayanan publik yang dilakukan belum efisien dan efektif.

Letak Desa Dermaji yang terpencil membuat potensinya tidak banyak dikenali, baik pihak supra desa maupun publik secara umum. Kondisi semacam itu menjadikan proses pembangunan desa tidak bisa berlangsung lebih cepat.

Baca Juga: Platform Rekrutmen Talenta Digital Diluncurkan
Facebook Akan Sembunyikan Tampilan Jumlah Like?

Pemanfaatan website desa informasi diharapkan dapat meningkatkan dukungan berbagai pihak dan memperkuat modal sosial.

“Inovasi Desa DeMIT sangat membantu upaya percepatan pembangunan desa. Melalui website desa, informasi bisa segera tersebar dan diketahui masyarakat. Website desa sangat relevan bagi Desa Dermaji, dalam rangka meningkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Dengan adanya website desa, potensi wisata Desa Dermaji, yaitu wisata alam Wanasuta dan museum desa banyak diketahui publik.

“Sehingga Desa Dermaji sering dijadikan salah satu tujuan wisata. Selain potensi, produk Desa Dermaji juga mulai dikenal, baik produk makanan dan kerajinan tangan,” pungkasnya. 

Berita Terkait

Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018 Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018
Jakarta Siap Menerima 3.000 Atlet Asian Para Games 2018 Jakarta Siap Menerima 3.000 Atlet Asian Para Games 2018
Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK

#Website #Website Desa #Pariwisata #Desa Demit #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar