Kamuh Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Kerukunan 2019 di Kalbar

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menetapkan Desa “Kamuh” sebagai Desa Sadar Kerukunan tahun 2019. (Foto:Kemenag)

Arah - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menetapkan Desa Kamuh sebagai Desa Sadar Kerukunan 2019. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor: 510 Tahun 2019 tanggal 20 Maret 2019 tentang Penetapan Desa Sadar Kerukunan.

“Ditetapkannya Desa Kamuh sebagai Desa Sadar Kerukukan tahun 2019 tentu melalui berbagai aspek pertimbangan dan kajian bersama,” ujar Kasubag Hukum dan KUB Aris Sujarwono mewakili Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Selasa (17/9/2019).

Menurut Aris dilansir situs Kemenag, ada empat Kabupaten yang masuk nominasi Desa Kerukunan 2019 yakni Desa Kamuh Kabupaten Bengkayang, Sambas, Melawi, dan Sintang. Dia menjelaskan, Desa Sadar Kerukunan merupakan salah satu program unggulan Kemenag.

Program ini kali pertama diselenggarakan pada 2017 dengan kriteria:

Pertama, ada lebih dari tiga agama yang dianut masyarakat dalam desa tersebut.

Kedua, ada rumah ibadah yang berdampingan namun penuh kedamaian, hidup rukun dan damai satu dengan yang lain.

Ketiga, memiliki corak tersendiri (lokal wisdom/kearifan lokal).

Baca Juga: Tokoh Lintas Agama Serukan Jaga Papua Tanah Damai
KPAI Sayangkan Pengadilan Agama Izinkan Perkawinan Anak

Aris mengapresiasi kinerja FKUB dan Kemenag Bengkayang yang turut membina Desa Kamuh sehingga menjadi Desa Sadar Kerukunan.

“Saya berharap ke depan Desa Kamuh ini menjadi contoh kerukunan di Bumi Khatulistiwa,” harapnya.

Secara geografis, Desa Kamuh terletak di kecamatan termuda di Kabupaten Bengkayang yakni Kecamatan Tujuh Belas. Desa ini termasuk kawasan pedalaman, karena letaknya cukup jauh dari jalan Provinsi.

Masyarakatnya mayoritas transmigran asal Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang sudah menetap sejak 1980-an. Mereka hidup dengan bertani dan beternak karena kontur tanah yang gembur dan subur.

“Sosial masyarakatnya sangat heterogen, baik etnis, budaya dan agama,” pungkasnya.

Berita Terkait

Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global
Perkiraan Hari Ini Jakarta Cerah Berawan Perkiraan Hari Ini Jakarta Cerah Berawan
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi

#Kemenag #Desa Kerukunan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar