Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Diharapan Beroperasi November

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis (19/9) siang. (Foto: BKP Kementerian PUPR)

Arah - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) diharapkan bisa beroperasi akhir November 2019 sehingga bisa turut memperlancar arus mudik Natal dan tahun baru 2020. Saat ini progres konstruksi tol sepanjang 36,4 Km tersebut sudah mencapai 96,5 persen. Pada 23 September 2019 akan dimulai uji beban.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II merupakan pekerjaan besar. Ada sekitar 9.000 tiang pancang yang menjadikan tol Layang Japek II jembatan terpanjang di Indonesia.

“Tol ini juga diiawasi Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ),” ujar Basuki, Kamis (19/9/2918).

Sebelum dioperasikan akhir Noveber, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akan dilakukan uji beban dengan menggunakan 16 truk. Masing-masingtruk mangangkut beban 40 ton terdiri dari uji statis dan dinamis.

Baca Juga: Daftar Jalan dan Gerbang Tol yang Terkena Sistem Ganjil-Genap
9 Ruas Jalan Tol Siap Diresmikan Hingga Akhir 2019

Jarak Jauh
Adanya Tol Layang Japek II diyakini akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada dibawahnya, serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh menggunakan Tol Layang Japek II.

Tol Layang Japek II berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Pengusahaannya dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT. Jasa Marga. Menteri Basuki memberikan apresiasi kepada PT. Jasa Marga, para kontraktor yakni PT. Waskita Karya, PT. ACSET dan PT. Bukaka dan konsultan Tol Layang Japek II yang dapat menyelesaikan pembangunan sesuai target.

Berita Terkait

Perpanjangan Konsesi, Menhub Harap Tarif Tol Turun 20 Persen Perpanjangan Konsesi, Menhub Harap Tarif Tol Turun 20 Persen
Ini Alasan Jasa Marga Tutup Jalan Tol Karawang Barat II Ini Alasan Jasa Marga Tutup Jalan Tol Karawang Barat II
Tahun Ini Jasamarga Akan Targetkan Operasi Jalan Tol Baru 175 km Tahun Ini Jasamarga Akan Targetkan Operasi Jalan Tol Baru 175 km

#Jalan Tol #Jalan Layang #Proyek Jalan Tol #Kemenhub #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar