Kemenperin Terus Kembangkan IKM Fesyen Muslim

Kementerian Perindustrian bertekad mewujudkan Indonesia menjadi salah satu kiblat fesyen muslim dunia. (Foto:Kemenperin)

Arah - Kementerian Perindustrian bertekad mewujudkan Indonesia menjadi salah satu kiblat fesyen muslim dunia. Salah satu langkah strategis yang dijalankan dengan terus menumbuhkan dan mengembangkan industri fesyen muslim di dalam negeri, khususnya sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor fesyen pada periode Januari-Juni 2019  mencapai 6,62 miliar dolar AS, yang terdiri dari 4,06 miliar dolar AS ekspor pakaian jadi serta 2,56 miliar dolar AS ekspor kulit, produk kulit dan alas kaki. Sementara itu, pada triwulan I tahun 2019, sektor industri fesyen tumbuh hingga 23,21%.

“Hal ini menunjukkan bahwa industri fesyen kita memiliki kinerja dan daya saing yang gemilang,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih.

Lebih lanjut, Gati menjelaskan, potensi industri fesyen muslim yang dimiliki Indonesia diperkuat dengan keberagaman budaya dan dukungan industri tekstil sebagai pemasok bahan baku.

“Posisi Indonesia semakin diakui dunia dengan hadirnya para desainer pada berbagai event internasional menampilkan karya busana muslimnya,” ungkapnya.

Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Populasi umat muslim Indonesia mencapai 88% dari jumlah penduduk dan diproyeksikan pada tahun 2030 jumlah penduduk muslim Indonesia mencapai 283,83 juta jiwa.

Baca Juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Diharapan Beroperasi November
Pemerintah Suntik PT Sarana Multigriya Finansial Rp800 Miliar

Kondisi tersebut dinilai akan meningkatkan jumlah kebutuhan fesyen muslim nasional. Berdasarkan data State of the Global Islamic Economic 2018-2019, konsumsi fesyen muslim Indonesia mencapai USD20 miliar, sementara konsumsi fesyen muslim dunia mencapai USD270 miliar.

“Ini merupakan peluang pasar yang besar yang bisa digarap oleh industri fesyen muslim dalam negeri,”pungkasnya.

Berita Terkait

 IKM Furnitur Sukoharjo Tembus Pasar Amerika Serikat IKM Furnitur Sukoharjo Tembus Pasar Amerika Serikat
Akhir 2019, 10 Ribu Pelaku IKM Ditargetkan Go Online Akhir 2019, 10 Ribu Pelaku IKM Ditargetkan Go Online
IKM Perhiasan Terus Dipoles Agar Semakin Kinclong IKM Perhiasan Terus Dipoles Agar Semakin Kinclong

#Fesyen #Dunia Fesyen #ikm #Kemenperin #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar