Tips Jaga Kesehatan Otak di Usia yang Tak Lagi Muda

Ilustrasi orang lanjut usia (Pixabay)

Arah -  Otak manusia berfungsi dalam menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir. Karena itu, otak menjadi organ penting yang harus selalu dijaga, terutama ketika telah memasuki untuk lanjut usia (lansia).

Dengan semakin bertambahnya usia, kemampuan otak manusia akan mengalami perubahan. Semakin lanjut usia (lansia), kemampuan otak seseorang cenderung mengalami penurunan.

Berikut tips menjaga kesehatan otak yang dirilis Harvard University:

1. Tidak berhenti belajar
Belajar menrupakan salah satu aktivitas yang dapat merangsang otak untuk terus berfikir. Bagi lansia, belajar dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk mencegah penyakit termasuk demensia dan alzheimer. Selain itu, belajar bagi lansia juga dapat membangun mental sehingga tidak mudah dipengaruhi hal-hal buruk.

2. Menggunakan panca indera
Tetap menggunakan panca indera hingga lansia dapat menjaga kesehatan otak. Selain itu, melatih kemampuan indra di usia tua dapat membantu dalam mengelola daya ingat, emosi, dan empati.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa lansia mengalami kesulitan dalam mengenali bau dan suara. Ini bisa terjadi karena mereka tidak terbiasa melatih indra penciuman dan pendengarannya.

Baca Juga: Survei: Ternyata Penggemar Gim Tak Hanya Anak dan Remaja
Lansia Tangguh Ini Abdikan Hidupnya untuk Daur Ulang

3. Tetap percaya diri
Ada anggapan yang mengatakan lansia sulit mengikuti perkembangan zaman. Banyak lansia yang mmempercayai anggapan itu dan bersikap pasrah dengan keadaan. Hal ini akan berpengaruh pada otak.

Karena itu pentog bagi lansia untuk tetap percaya diri. Meraka hanya perlu melakukan aktivitas sehari-hari dan mengikuti perkembangan zaman selama kondisi fisik masih memungkinkan.

4. Membiasakan menggunakan fungsi otak
Otak memiliki fungsi utama merawat ingatan. Kebiasaan memelihara fungsi otak penting bagi lansia. Misalnya berusaha mengingat letak, bentuk, dan sebagainya.

5. Mengulangi hal yang wajib diketahui
Ada beberapa hal yang harus tetap diingat lansia antara lain alamat, keluarga terdekat, maupun nomor telepon. Ini akan sangat berguna ketika mereka tersesat. Selain itu, cara ini juga dapat membantu lansia dari risiko alzheimer. 

Berita Terkait

14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ 14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ
Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat

#Tips Sehat #Lansia #kesehatan otak #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar