Tiga Orang Meninggal Pascagempa M 6,8 di Ambon

Gedung Universitas Pattimura, Ambon, Maluku. (Foto:BNPB)

Arah - Gempa bumi dengan magnitude 6.8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis (26/9/2019), pukul 06.46 WIB. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan 3 orang meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan dan 3 korban lainnya luka. :

Ketiga korban meninggal adalah Narti Rumain, Mateis Frans dan Lai Nai. Sedangkan korban luka, Djamila Lasaiba, Gamar Assagaf dan satu korban lainnya yang merupakan warga Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah masih diidentifikasi.

Korban luka Djamila telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Al Aqhsa dan korban ainnya di Puskesmas Air Besar. Sementara sejulah warga Kota Ambon mengungsi ke rumah kerabat terdekat. 

Hingga kini BNPB masih terus melakukan pemutakhiran dampak pascagempa. Data yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB sebagai berikut di antaranya kerusakan bangunan di Universitas Pattimura, rumah warga dan fasilitas umum.

Pascagempa, BPBD setempat telah mensosialisasikan kepada warga untuk tetap tenang. BPBD bersama mitra di daerah melakukan upaya penanganan darurat kepada para korban terdampak.

Sebelumnya, gempa bermagnitude 6.8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis (26/9/2019), pukul 06.46 WIB. BMKG merilis parameter gempa terjadi pada 40 km timur laut AmbonMaluku dengan kedalaman 10 km.

Selanjutnya BMKG juga merilis terjadinya gempa susulan dengan parameter M 5.6. Gempa susulan terjadi pukul 07.39 WIB dengan parameter 18 km timur laut AmbonMaluku dengan kedalaman 10 km.

Baca Juga: Mempersiapkan Diri Hadapi Potensi Gempa dan Tsunami
BMKG: Aktivitas Gempa di Kalimantan Paling Rendah

BNPB mengimbau warga tetap waspada terhadap gempa susulan dan tidak terpancing dengan informasi palsu yang dapat menimbulkan kepanikan maupun ketakutan. Untuk mendapatkan informasi resmi, warga bisa mendapatkannya dari pemerintah daerah setempat dan BMKG.

Berita Terkait

BNPB: Terhitung Ada 228 Rumah Rusak Parah Akibat Gempa Bumi BNPB: Terhitung Ada 228 Rumah Rusak Parah Akibat Gempa Bumi
Gempa Berkekuatan 6,7 SR Guncang Sukabumi Gempa Berkekuatan 6,7 SR Guncang Sukabumi
Pascagempa, Pemkab Halmahera Selatan Tetapkan Tanggap Darurat    Pascagempa, Pemkab Halmahera Selatan Tetapkan Tanggap Darurat

#gempa #Korban Gempa #Dampak Gempa #Ambon #Ambon Maluku #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar