Ingin Jajal Kereta Api Istimewa, Ini Tarifnya

Kereta Api (KA) Istimewa diluncurkan di Pusdiklat PT. KAI, Bandung. Sabtu (28/9/2019). (Foto:Kemenhub)

Arah - Kereta Api (KA) Istimewa diluncurkan di Pusdiklat PT. KAI, Bandung. Sabtu (28/9/2019) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero ke-74. Apa beda KA Istimewa dengan KA pada umumnya?

KA Istimewa merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) yang terdiri dari 2 rangkaian. KA ini bisa digunakan untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), seperti rapat kerja, kumpul keluarga atau reuni.

KA Istimewa sebelumnya merupakan KA Kedung Sepur yang dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2. Pada Agustus 2019, PT KAI merombak interior KRD tersebut menjadi KA Istimewa di Balai Yasa Yogyakarta dan dialihfungsikan sebagai kereta premiun (KA Istimewa).

KA tersebut pernah berkontribusi mengantarkan para tokoh pada rangkaian kegiatan Seminar Suluh Kebangsaan dari Merak hingga Banyuwangi. KA Istimewa ini bisa dipesan dengan tarif sekitar Rp19 juta.

"Ini satu inovasi yang baik dari PT. KAI. Kereta ini dulunya secara operasional tidak digunakan. Namun bisa diubah menjadi kereta premium, yang keberangkatannya bisa diatur sesuai kebutuhan penumpang," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Ditargetkan Beroperasi 2024
Komisi V DPR Ingatkan Beberapa Hal Terkait Kereta Bandara

Dia berharap, kedepannya, PT KAI semakin mandiri dan dapat terus melakukan terobosan inovasi baru dalam menciptakan peluang-peluang pembiayaaan bagi keberlangsungan usahanya.

"Inovasi dan terobosan seperti yang dilakukan ini, akan sangat membantu pemerintah dalam pengalokasian anggaran (APBN) untuk pembangunan di daerah lainnya yang lebih membutuhkan," kata Menhub.

Berita Terkait

Tak Patuhi Revisi PM 32,Menhub Ancam Blokir Aplikasi Taksi Online Tak Patuhi Revisi PM 32,Menhub Ancam Blokir Aplikasi Taksi Online
Menteri Perhubungan Sambut Kapal Petikemas Raksasa Menteri Perhubungan Sambut Kapal Petikemas Raksasa
Menhub: Segera Balik Mudik Besok atau Senin Depan Menhub: Segera Balik Mudik Besok atau Senin Depan

#KA Istimewa #PT KAI #Kemenhub #Budi Karya Sumadi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar