Perjalanan 5 Tahun DPR 2014-2019 dengan 3 Ketua

Bambang Soesatyo (Foto: Arah.com)

Arah - Masa bakti DPR periode 2014-2019 telah berakhir pada Senin (30/9/2019). Selama lima tahun perjalanannya, DPR periode 2014-2019 diwarnai bebrapa kali pergantian pimpinan.

Pada tahun 2014. Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR bersama empat wakilnya, Mereka adalah Fadli Zon (Gerindra), Fahri Hamzah (PKS), Agus Hermanto (Demokrat), dan Taufik Kurniawan (PAN).

Pada pertengahan 2015, Setnov dinyatakan melanggar etik karena menghadiri kampanye Pilpres AS bersama Fadli Zon. Partai Golkar kemudian mengganti Setnov dengan Ade Komarudin. yang resmi menjabat sebagai ketua DPR per 11 Januari 2016.

Namun pada November 2016 atau belum genap satu tahun, Golkar menarik Ade Komarudin dari pimpinan DPR. Posisi ketua DPR yang ditinggalkannya kembali dijabat Setya Novanto. Pada Juli 2017, Novanto harus kembali lengser dari kursi ketua DPR setelah terjerat kasus korupsi proyek pengadaan E-KTP.

Baca Juga: Pengesahan RUU PKS Ditunda, Pemerintah-DPR Bentuk Tim Perumus
DPR Sahkan UU Pesantren, PAN Setuju dengan Catatan

Meski sempat bersikeras tidak ingin mundur dari ketua DPR meski telah ditetapkan KPK sebagai tersangka, akhirnya Setnov resmi mengajukan surat pengunduran diri ke fraksi Partai Golkar pada awal Desember 2017.

Bambang Soesatyo kemudian ditunjuk sebagai ketua DPR, melanjutkan kepemimpinan di dua tahun periode yang tersisa. Bambang Soesatyo yang sebelumnya menjabat menjabat sebagai Ketua Komisi III dilantik menjadi Ketua DPR pada 15 Januari 2018. 

Berita Terkait

DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang
DPR Bahas Pertemuan MKD dengan Setya Novanto DPR Bahas Pertemuan MKD dengan Setya Novanto
Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali

#Bambang Soesatyo #DPR #Ketua DPR RI #Setya Novanto #Ade Komarudin #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar