Penanganan Pelanggaran Pilkada 2020 Harus Ditingkatkan

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo (kanan) saat menjadi pembicara dalam Rakor Penanganan Pelanggaran di Loksado, Kalimantan Selatan, Kamis (3/10). (Foto: Bawaslu/Reyn Gloria)

Arah - Belajar dari Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat provinsi dan kabupaten/kota perlu meningkatkan pengawasan dan penanganan pelanggaran dalam Pilkada Serentak 2020.

Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo dilansir situs Bawaslu mengatakan, meski dalam Pemilu 2019, peran Bawaslu diapresiasi, namun ada catatan dari beberapa tindakan yang mengarah cacat integritas, tidak netral, dan tidak profesional. Jika penanganan pelanggaran pemilu buruk, dampaknya bisa fatal.

"Sangat fatal ketika kita melakukan penindakan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Akan ada yang mengadu tidak adil," ujarnya di Loksado, Kalimantan Selatan, Kamis (3/10/2019).

Terlebih, lanjutnya, ada beberapa putusan administrasi yang tidak ditindaklanjuti KPU pada Pemilu 2019. Melihat hal itu, Dewi menegaskan Bawaslu harus melakukan fungsi kontrolnya dengan lebih baik.

"Kita memiliki peran besar untuk mengontrol besarnya kekuasaan yang dimiliki KPU. Kontrol kita adalah dalam proses penanganan pelanggaran," tandasnya.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, Jabatan Kepala Daerah Maksimal 4 Tahun
Dirjen Wacanakan Penghapusan Kotak Kosong di Pilkada

Dewi meminta Bawaslu tingkat tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dapat meningkatkan kapasitas dan kualitasnya jika merasa belum mumpuni. Melalui bimbingan teknis (bimtek), supervisi, dan diskusi bersama pimpinan, serta evaluasi bersama diharapkan ada peningkatan kualitas penanganan pelanggaran Pilkada 2020.

Berita Terkait

Bawaslu Apresiasi Partisipasi Publik Dokumentasikan C1 Plano Bawaslu Apresiasi Partisipasi Publik Dokumentasikan C1 Plano
Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak
Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei

#Pilkada 2020 #bawaslu #pengawasan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar