Cina Uji Coba Helikopter Mirip Piring Terbang pada 2020

Penampakan helikopter tempur mirip piring terbang China yang diberi nama Super Great White Shark di Tianjin, Kamis (10/10) (ANTARA/HO-GT)

Arah - China akan menguji coba helikopter tempur purwarupa yang bentuknya mirip dengan piring terbang pada 2020. Helikopter yang diberi nama Super Great White Shark itu memiliki panjang 7,6 meter dan lebar 2,85 meter dengan kokpit di tengah.

Pengamat militer China mengatakan armada baru yang dipamerkan di Kota Tianjin, Kamis (10/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019) itu merupakan eksperimen penting dan mungkin tidak akan digunakan dalam praktik tempur. Namun hal itu akan memberikan manfaat bagi perkembangan teknologi helikopter masa depan China, 

Di dalam lingkar pesawat terdapat sistem rotor yang memungkinkan pesawat terangkat vertikal. Di sisi kanan dan kiri yang dapat terlihat dari kokpit terdapat dua mesin turbojet yang bisa mendorong pesawat secara horisontal dengan kecepatan tinggi.

Dua orang pilot dapat mengemudikan dan mengarahkan pesawat dengan menggunakan kemudi di bawah sistem rotor. Kemudi atau "rudder" tersebut juga dapat bekerja dengan sistem rotor yang memungkinkan pesawat terdorong secara horisontal dengan kecepatan rendah.

Helikopter piring terbang itu mampu tinggal landas dengan beban 6.000 kilogram, berkecepatan maksimum 650 kilometer per jam dengan ketinggian 6.000 meter, dan kemampuan menanjaknya 16,5 meter per detik.

Namun muncul pertanyaan apakah helikopter jenis tersebut stabil dan aman saat diterbangkan. Pertanyaan tersebut didasari beberapa negara yang pernah melakukan eksperimen serupa, termasuk Amerika Serikat, dan gagal menempatkan armada sejenis dalam praktik tempur.

Baca Juga: 5 Negara Yang Tidak Punya Militer Tapi Hidup Damai Dari Konflik
AS Batasi Visa Pemerintah China Terkait Perlakuan Terhadap Muslim

Untuk menjawab keraguan itu dapat dilihat dari tampilan saat helikopter terbang perdana pada Airshow China 2020 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, demikian CCTV, stasiun televisi resmi pemerintah China.

"Bisa atau tidaknya helikopter ini dipraktikkan, pesawat ini telah memberikan manfaat bagi China dalam mengembangkan tekonologi helikopter masa depan," ujar seorang pengamat yang dikutip Global Times.

Menurutnya, perawatan helikopter lebih mudah dan lebih realistis.  

Berita Terkait

11 Orang Terjaring OTT KPK Diduga Terkait Impor Bawang Putih 11 Orang Terjaring OTT KPK Diduga Terkait Impor Bawang Putih
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...
Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan

#Militan China #helikopter #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar