Ronaldo, Messi Atau Legenda Brasil Pemain Terbaik Dunia?

Eks bintang Brasil Ronaldo Luis Nazario de Lima (Foter.com/Fotos GOVBA)

Arah -Perdebatan siapa pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi mungkin tak akan pernah berakhir. dalam performa terbaiknya sudah tak perlu diragukan lagi. Namun ada seorang pemain yang sangat fenomenal sebelum era mereka. 

Dalam kurun kurang lebih 12 tahun terakhir, Ronaldo dan Messi adalah pusat pemberitaan dunia sepakbola. Pencapaian keduanya baik di level klub maupun individu sungguh luar biasa. Namun soal bakat dan kemampuan, eks manajer Manchester United, Jose Mourinho memiliki pendapat berbeda. Ditanya LiveScore 'Siapa pemain terbaik di dunia?', jawaban Mourinho bukan Ronaldo atau Messi.

Pelatih asal Portugal itu menyebut Luis Nazario de Lima alias Ronaldo legenda sepakbola dari Brasil sebagai pemain terbaik dunia. Penilaian itu berdasarkan pengamatan Mourinho yang meyaksikan langsung permainan Ronaldo saat masih menjadi asisten Bobby Robson di Barcelona pada musim 1996-1997.

Mourinho mengakui Ronaldo dan Messi memiliki karier yang lebih lama dan tetap di puncak permainan selama 15 tahun. Namun menurutnya, El Fenomeno adalah pemain dengan bakat istimewa yang pernah dilihatnya di lapangan hijau.

"Namun, jika kita bicara secara khusus tentang bakat dan kemampuan, tidak ada yang melebihi Ronaldo (Luis Nazario de Lima). Ketika dia berada di Barcelona bersama Bobby Robson, saya menyadari dia pemain terbaik yang pernah saya lihat bermain di lapangan," ujarnya seperti dikutip dari Sportskeeda.

Mourinho menyayangkan karier Ronaldo yang seharusnya bisa bertahan lama terhenti karena cedera mematikan. Namun bakatnya ketika masih berusia 19 tahun tetap sesuatu yang menakjubkan.

Baca Juga: Terungkap, Lionel Messi Pernah Ingin Tinggalkan Barcelona
Lewati Ronaldo, Ini Jumlah Gol Lionel Messi di Liga Top Eropa

Saat membela Barcelona, Ronaldo yang masih berusia 19 tahun melejit di Eropa. Dia mengemas 47 gol dari 49 laga bersama El Barca. Penampilan gemilang Ronaldo mengantarkan dirinya memenangi Ballon d'Or pada 1996.

Ronaldo kemudian pindah ke Inter Milan satu musim berselang. Di tahun perdananya bersama Nerrazurri, dia kembali meraih Ballon d'Or.

Namun cedera sempat meredupkan karier Ronaldo sebelum bangkit dengan mengantarkan Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002. Ronaldo kemudian melanjutkan kariernya ke Real Madrid dan memenangi gelar Ballon d'Or ketiga pada 2002 atau yang terakhir dalam kariernya.

Berita Terkait

Messi Vs Ronaldo, Siapa Terbaik Mencetak Gol dan Mengumpan? Messi Vs Ronaldo, Siapa Terbaik Mencetak Gol dan Mengumpan?
Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2019, Messi Telah Kembali   Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2019, Messi Telah Kembali
Lewati Ronaldo, Ini Jumlah Gol Lionel Messi di Liga Top Eropa    Lewati Ronaldo, Ini Jumlah Gol Lionel Messi di Liga Top Eropa

#Cristiano Ronaldo #Lionel Messi #Ronaldo Luis Nazario de Lima #Jose Mourinho #Pemain Terbaik Dunia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar