Tarik Ulur, Dimana Sebaiknya Duel Panas El Clasico Digelar?

Logo La Liga

Arah - Laga El Clasico pertama musim ini baru akan dimainkan di Camp Nou pada 26 Oktober 2019. Namun atmosfernya sudah mulai memanas, terutama soal apakah venue pertandingan perlu dipindah dari Camp Nou ke Santiago Bernabeu.

Jika merujuk jadwal, Barcelona adalah tuan rumah, yang berarti laga digelar di Camp Nou. Namun tempat pertandingan terancam dipindahkan ke Santiago Bernabeu menyusul kondisi Kota Barcelona yang dianggap kurang kondusif karena krisis politik Catalonia.

Krisis politik terjadi setelah Pengadilan Tinggi Spanyol menjatuhkan hukuman penjara 9-13 tahun kepada sembilan aktivis pro kemerdekaan Catalonia. Kelompok pro kemerdekaan menyerukan demo besar-besaran yang harinya bertepatan dengan jadwal El Clasico.

La Liga sempat mengusulkan kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) agar laga Barcelona vs Real Madrid dipindah ke Santiago Bernabeu. Artinya, Madrid lebih dulu menjamu Barcelona, sebelum Blaugrana menjadi tuan rumah di Camp Nou pada 1 Maret 2020. Usulan pemindahan venue duel klasik ke Santiago Bernabeu didukung pemerintah Spanyol.

"Dengan keadaan seperti ini, kami mempertimbangkan bersama dengan LaLiga dan RFEF, dengan alasan keamanan, tidak masuk akal memainkan laga ini sesuai jadwal," ujar sumber dari kementerian olahraga Spanyol kepada Marca.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bersikeras agar El Clasico tetap digelar di Camp Nou. Dia berharap perundingan yang tengah dilakukan Barcelona dengan RFEF akan membuahkan hasil positif.

"Setelah ini, kami harus bermain di Praha (Liga Champions) pada Rabu dan kami harus kembali bermain di kandang, Anda harus menghormati jadwal dan para penggemar," katanya dikutip dari AS.

Baca Juga: Gawat! Jelang Laga El-Clasico, Madrid Kehilangan Dua Pemain Inti
El Clasico Kontra Madrid, Pertaruhan Diri Barcelona

Sebenarnya ini bukan pertama kali, Barcelona menghadapi situasi terkait gonjang-ganjing perpolitikan Catalonia . Pada 2017 Barcelona harus bermain tanpa penonton karena referendum Catalonia.

Saat itu suasana Kota Barcelona tak mendukung sehingga Blaugrana meminta jadwal pertandingan kontra Las Palmas diubah, namun La Liga menolaknya.

"Ada sembilan hari sebelum laga dan akan ada banyak hal yang dirundingkan. Pada 1 Oktober (2017), kami bermain dan pertandingan berikutnya di Wanda Metropolitano, semua orang mengharapkan pertandingan dramatis tapi tak terwujud," kata Valverde.

Pertandingan Barcelona kontra Real Madrid diprediksi akan sengit. Tak hanya karena sarat gengsi tetepi juga selisih poin di klasemen yang hanya terpaut 2 poin. Saat ini Madrid memimpin dengan 18 poin, diikuti Barcelona 16 poin. 

 

Berita Terkait

Barcelona Mengukuhkan Diri di Puncak Klasemen Sementara La Liga Barcelona Mengukuhkan Diri di Puncak Klasemen Sementara La Liga
Tanpa Messi Barcelona Diimbangi Osasuna, Ansu Fati Bikin Rekor   Tanpa Messi Barcelona Diimbangi Osasuna, Ansu Fati Bikin Rekor
Absen di 2 Laga La Liga, Messi Puji 2 Pemain Muda Barcelona Absen di 2 Laga La Liga, Messi Puji 2 Pemain Muda Barcelona

#La Liga #Liga Spanyol #Barcelona vs Real Madrid #El Clasico #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar