Makna dan Filosofi Batik 'Tambal Pamiluto' Iriana Jokowi

Presiden Joko Widodo didampingi keluarga meninggalkan Istana Merdeka menuju lokasi pelantikan di gedung DPR/MPR Jakarta pada Minggu (20/10) (Desca Lidya Natalia)

Arah - Perhatian warganet pada saat Sidang Paripurna MPR tidak hanya tertuju pada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, namun juga pada Iriana Joko Widodo. Nama Iriana dibahas warganet di jejaring sosial Twitter karena penampilannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo, lewat topik "Bu Iriana".

Iriana Jokowi terlihat mengenakan kain batik bermotif "tambal pamiluto", yang ternyata memiliki makna dan filosofi mendalam.

Menurut Diana Santosa dari Yayasan Batik Indonesia, motif batik asal Magkunegaran, Surakarta itu memiliki makna "memikat", dan merupakan penyatuan dari motif batik lainnya menjadi satu.

"Jadi batik motif 'tambal pamiluto' ini maknanya cukup bagus. Karena dasarnya, motif ini menyatukan berbagai macam motif di dalam satu motif ragam hias," kata Diana saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Jadi seakan beliau ingin menunjukkan keberagaman yang dihadirkan dan dijadikan satu melalui motif ini, dan sangat cantik ketika dilihat," lanjutnya.

Baca Juga: Pantun Ketua MPR Bamsoet untuk Prabowo-Sandi
Hiasan Bunga Sambut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Diana menambahkan, corak tambal pamiluto menggabungkan motif lainnya seperti motif batik parang dan lainnya. Dia menilai, Iriana Jokowi memiliki pilihan yang bagus untuk menunjukkan keberagaman melalui kain batiknya.

"Motif tambal itu bermacam-macam. Dipadukan dengan kebaya putih, beliau juga terlihat bersih dan gagah, serta batiknya sangat menonjol. Dan bagaimana seorang pemimpin dapat merajut keberagaman sangat terlihat," ujarnya.

Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 disaksikan 711 anggota MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI. Sidang Paripurna dihelat di Gedung DPR/MPR, Jakarta juga dihadiri sejumlah tokoh nasional dan kepala negara.

 

Berita Terkait

Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
Jokowi-Ma'ruf Amin Resmi Menjadi Presiden-Wapres RI 2019-2024 Jokowi-Ma'ruf Amin Resmi Menjadi Presiden-Wapres RI 2019-2024
Pengacara Lengkapi Berkas Gugatan Cerai Ahok di Pengadilan Pengacara Lengkapi Berkas Gugatan Cerai Ahok di Pengadilan

#iriana jokowi #Pelantikan #Batik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar