BMKG Ingatkan Warga Waspadai Potensi Angin Kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Arah -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di wilayah Banjarnegara untuk mewaspadai potensi angin kencang selama dua hingga tiga hari ke depan.

"Waspasai potensi angin kencang di Jawa Tengah termasuk di wilayah Banjarnegara khususnya wilayah dataran tinggi," ujar Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Senin (21/10/2019).

Setyoajie menyampaikan hal tersebut menyusul adanya kejadian angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada Minggu (20/10/2019). Dia menjelaskan berdasarkan analisis BMKG, kejadian angin kencang secara umum disebabkan masih adanya pengaruh monsun Australia hingga saat ini.

"Selain itu ada massa udara dari arah timur - tenggara yang mengalir kuat melewati wilayah Jawa Tengah, imbasnya adalah wilayah Jateng Bagian Selatan hingga Jawa Tengah bagian Tengah mengalami angin yang kencang," katanya.

Dia menambahkan faktor adanya lereng hingga puncak pegunungan Dieng, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Slamet sangat berpengaruh terhadap kecepatan angin.

"Sehingga kecepatan angin di sisi Selatan gunung atau pegunungan tersebut kecepatan anginnya lebih tinggi dibanding sisi utara dari gunung atau pegunungan tersebut," katanya.

Selain itu, kata dia, bila massa udara dari arah timur–tenggara tersebut membawa cukup air maka akan berpotensi untuk membentuk awan-awan hujan yang bersifat lokal.

Baca Juga: BMKG Jelaskan Terjadinya Angin Kencang di Kawasan Merapi
Pendakian ke Gunung Argopuro Ditutup Sementara

Terkait hal tersebut, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang namun meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi angin kencang.

"BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada terutama jika terjadi hujan lebat dengan durasi cukup lama atau lebih dari 30 menit," pungkasnya.(ant)


Berita Terkait

Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang
BMKG Jelaskan Penyebab Cuaca Panas Yogyakarta BMKG Jelaskan Penyebab Cuaca Panas Yogyakarta
Waspada, BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Dekati NTT Waspada, BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Dekati NTT

#Angin Kencang #BMKG #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar