Fachrul Razi, Mantan Wakil Panglima TNI yang Jadi Menteri Agama

Mantan Wakil Panglima TNI Fachrul Razi

Arah - Presiden Joko Widodo resmi dilantik sebagai orang nomor satu di Indonesia pada hari Minggu, 20 Oktober 2019, untuk masa tugas 2019—2024.

Tiga hari setelah dilantik, Selasa, Presiden Jokowi mengumumkan sejumlah nama yang ia tunjuk sebagai menteri dalam kabinetnya.

Salah satunya, Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) 1999—2000 Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama.

Sebelumnya Fachrul Razi dipanggil ke istana menggunakan kemeja berwarna putih menghadap Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan pada Selasa (22/10).

Dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi, pria kelahiran Banda Aceh itu mengaku berdiskusi mengenai sumber daya manusia (SDM) saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Diketahui Fachrul Razi merupakan salah satu purnawirawan jenderal TNI yang menginisiasi dukungan purnawirawan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Selama kampanye Pilpres 2019, Fachrul Razi dikenal sebagai Ketua Tim Bravo 5.

Tim Bravo 5 merupakan tim sukarelawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang terdiri atas para purnawirawan TNI yang sebagian besar merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1970 atau seangkatan dengan Luhut Binsar Panjaitan.

Tim ini terbentuk sejak 2013 untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pemilu 2014.

Fachrul Razi saat itu mengatakan Bravo 5 dibentuk untuk menepis persepsi bahwa seluruh purnawirawan TNI mendukung calon Presiden RI Prabowo Subianto.

Lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir yang diembannya sebagai Wakil Panglima TNI pada masa pemerintahan Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Fachrul Razi diberhentikan dari jabatannya itu oleh Presiden Abdurrahman Wahid melalui keputusan presiden.

Berita Terkait

Ini Pernyataan Mahfud MD Usai Bertemu Jokowi Ini Pernyataan Mahfud MD Usai Bertemu Jokowi
Rekam Jejak Erick Thohir dalam Lingkaran Jokowi Rekam Jejak Erick Thohir dalam Lingkaran Jokowi
Jokowi Ungkap Komposisi Kabinet Kerja Jilid II Jokowi Ungkap Komposisi Kabinet Kerja Jilid II

#Jokowi #kabinet jokowi #kabinet baru #Panglima TNI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar