Ini Jawabannya Kenapa Sering Kentut Usai Buka Puasa

Ilustrasi foto menu berbuka puasa (foter.com/Aih)

Arah - Bagaimanapun juga kentut adalah mekanisme ilmiah dalam tubuh yang harus disyukuri. Saat bulan Ramadhan biasanya sehabis berbuka dan mau melaksanakan salat tarawih sering terganggu karena kentut.

Intensitas keluarnya angin tersebut lebih sering saat usai menyantap menu berbuka puasa. Mengapa demikian? Adakah yang salah dengan makan atau minum kita saat berbuka?

Kentut adalah keluarnya gas melalui anus karena akumulasi gas di dalam perut. Makanan tertentu memang menjadi penyebab mengapa kita sering kentut. Makanan seperti ubi bisa memicu timbulnya gas dalam sistem pencernaan tubuh.

Selain itu makanan yang memicu cepat buang angin seperti buah apel, pisang, wortel, susu, kacang-kacangan, kentang, jagung. Makanan yang bertepung dan bergula alami cenderung memproduksi gas ketika dicerna.

Selain makanan tersebut kebiasaan dan minuman juga membuat udara masuk dalam pencernaan kita. Kebiasaan makan permen karet, makan minum dengan cepat, merokok, minum dengan sedotan dan minuman bersoda.

Jadi jika kita mengonsumsi berbagai makanan pemicu gas jangan kaget kalau sering merasa ingin kentut terus menerus.

Biar tidak mengganggu ibadah kita sebaiknya mengurangi makanan tersebut atau menyiasatinya makan setelah salat tarawih. (Andik)

Berita Terkait

Tips Mendapatkan Salat Tarawih Berkualitas Tips Mendapatkan Salat Tarawih Berkualitas
Rasulullah Pernah Tetap Berpuasa Meskipun dalam Perjalanan Rasulullah Pernah Tetap Berpuasa Meskipun dalam Perjalanan
Fatal, Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa Fatal, Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

#Bulan Puasa #Kentut #Salat Tarawih #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #puasa ramadhan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar