Inilah 7 Golongan Manusia Yang Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Ilustrasi Berdoa (Istimewa)

Arah - Syafaat adalah pertolongan dari Allah SWT atas hambanya di hari kiamat, dimana pada hari itu tidak ada pertolongan lain selain pertolongan dari Allah SWT.

Lalu golongan manusia apa yang akan mendapatkan syafaat? Rasulullah SAW dalam hadisnya menggambarkan golongan orang-orang yang akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak.

Dalam kitab Fathul Bari (2:144) karya Ibnu Hajar terdapat hadis yang menjelaskan tentang hal ini, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah (HR. Muslim). Golongan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemimpin Adil

Dalam hadis ini, golongan pertama yang akan mendapatkan syafaat adalah pemimpin yang adil. karena pada hakikatnya seorang manusia itu pastilah seorang pemimpin, minimal memimpin untuk dirinya sendiri.

Kemudian setiap pemimpin nantinya akan ditanya tentang pertanggung jawabannya terhadap apa yang dipimpinnya.

2. Pemuda yang rajin Beribadah kepada Allah SWT

Pemuda yang taat dan rajin beribadah kepada Allah SWT akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT. Mengingat banyaknya godaan dan rayuan yang tengah dihadapi selama masa muda, dengan pilihannya untuk tetap tekun beribadah kepada Allah SWT, maka ia layak mendapatkan syafaat nantinya.

3. Orang yang hatinya terikat dengan masjid

Maksudnya adalah orang yang senantiasa ingin memakmurkan rumah-rumah (masjid) Allah SWT.

Karena sebagai muslim, pastilah kehidupannya sangatlah erat dengan masjid, itulah kenapa orang-orang yang selalu terikat hatinya dengan masjid akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT.

4. Dua Orang atau Lebih yang Saling Menyayangi Karena Allah SWT

Orang-orang yang berkumpul dan berpisah karena Allah SWT. Jadi ketika bertemu dan menjalin keakraban satu sama lain, hal tersebut dilakukan murni karena Allah SWT, bukan untuk jabatan, harta, kekayaan, dan keuntungan duniawi lainnya.

5. Lelaki yang Diajak Berzina oleh Wanita Cantik dan Kaya Namun Menolaknya karena Allah SWT

Keadaan di mana seseorang yang diajak bercinta atau berzina oleh wanita yang cantik dan kaya raya namun menolak hal tersebut karena takut atas kemurkaan Allah SWT yang akan menimpanya.

Orang tersebut berarti adalah orang yang bermoral dan memiliki akhlak yang sangat baik.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Lelaki yang Kelak Ditunggu Para Bidadari Surga
Lakukan Amalan Ini di Pagi Hari Agar Seharian Banjir Rezeki

6. Orang-orang yang Bersedekah Secara Sembunyi-Sembunyi

Saking sembunyi-sembunyi dan ikhlasnya sedekah yang ia lakukan, seolah-olah tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.

Hal tersebut dicontohkan oleh Abu bakar Ash-shiddiq yang mendata orang-orang membutuhkan makanan dan dia meninggalkan makanan tersebut di depan pintu rumah orang yang membutuhkannya pada malam hari.

Sehingga dapat dikatakan tidak ada yang mengetahui tentang sedekah yang ia lakukan kecuali Allah SWT.

7. Seseorang yang Mengingat Allah SWT dalam Kesendirian Lalu Mengalir Air Matanya

Artinya, manusia yang mengingat Allah hingga jatuh air matanya tersebut adalah manusia yang takut semata-mata kepada Allah dan hanya kepada-Nya lah semua kehidupan bergantung.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Amin.

Berita Terkait

Sejarah Awal Kumandangnya Adzan Sejarah Awal Kumandangnya Adzan
Dasyatnya Ini Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dasyatnya Ini Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan
Apakah Manusia Buang Air Ketika Berada di Surga? Ini Jawabannya Apakah Manusia Buang Air Ketika Berada di Surga? Ini Jawabannya

#muslim #hadis #islam #Nabi Muhammad SAW #manusia #Masjid #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar