Harga Terjun Bebas, Petani Garam di Madura Menjerit

Petani mengumpulkan garam yang baru dipanen di lahan garam Desa Santing, Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (31/7). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Arah -  Puluhan petani garam asal Madura mengaku merugi karena harga garam anjlok drastis hingga Rp 170 perkilogram  pada musim panen tahun 2019. Kondisi itu dirasa memukul petani dan membuat mereka gulung tikar, karena harga garam lebih rendah dari biaya operasional yang dikeluarkan.

"Kalau harga di petani di kisaran Rp 170 perkilogram dan ini terendah sejak tahun dua ribuan lalu," kata ketua Forum Petani Garam Madura Saiful Rahman.
Dia mengatakan, rendahnya harga gafam itu sangat memukul petani. Bahkan, banyak petani yang mulai meninggalkan profesinya itu, karena memang merasa sudah tidak menunguntungkan.
Dikatakan Saiful, para petani mengaku sudah menawarkan garam hasil panen mereka kepada perusahaan pengepul garam di Madura. Tetapi, mereka enggan membeli karena beralasan stok yang masih melimpah.
"Alasannya gudang penuh dan ngggak mau menampung," katanya.
Dijelaskan Saiful, para petani berharap agar pemerintah serius dalam membatasi kuota impor. Apalagi, pada akhir tahun 2019 ini petani garam di Madura sedang panen raya.
Sementara itu, ketua komisi B DPRD Jatim Aliyadi Musthofa mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi para petani untuk bertemu dengan pemerintah pusat. Dua berharap agar nantinya pemeejntah benar benar mewujudkan janjinya membatasi kuota impor garam.
"Yang jelas kami akan melakukan advokasi agar para petani bertemu dan menyampaikan aspirasi ke pemerintah," katanya.
Dijelaskan Aliyadi, pihaknya juga akan mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) garam, agar ada regulasi yang melindungi kepentingan dan nasib petani. 

Berita Terkait

Kemenpertin Pastikan Garam Petani Negeri Terserap Baik Kemenpertin Pastikan Garam Petani Negeri Terserap Baik
Masuki Musim Hujan Harga Garam Mulai Naik Masuki Musim Hujan Harga Garam Mulai Naik
Astaga, Harga Garam di Tanjungpinang Naik 350 persen Astaga, Harga Garam di Tanjungpinang Naik 350 persen

#garam #Petani Garam #Petani #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar