TNI Ajarkan Siswa Sekolah Tentang Perbatasan

Satuan tugas TNI pengamanan perbatasan Yonif R 142/KJ dari Kodam II/Sriwijaya (Dok.Antara)

Arah -  Satuan tugas TNI pengamanan perbatasan Yonif R 142/KJ dari Kodam II/Sriwijaya memberikan wawasan ilmu pengetahuan tentang batas-batas negara kepada siswa-siswi SD Inpres Fohululik di Desa Lutharato Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Kamis mengatakan, pemberian wawasan kebangsaan itu untuk membekali generasi penerus tentang batas wilayah.

Kegiatan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ salah satu wujud dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada anak sejak usia dini selaku generasi penerus supaya mereka cinta tanah air.

Mereka harus mengenal antara lain bentuk - bentuk batas negara seperti Common Border Datum Reference Frame (CBDRF), pilar batas negara (PBN) supaya generasi penerus lebih mencintai tanah air.

"Sebagaimana kita ketahui, tanda-tanda batas Negara terletak di sepanjang sektor timur garis perbatasan RI-RDTL, sehingga tanda tersebut belum dikenali anak-anak usia dini baik bentuk maupun karakteristiknya," kata dia.

Oleh karena itu Satgas Pamtas berupaya untuk mengenalkan bentuk dan karakteristik tanda batas negara guna menambah ilmu pengetahuan generasi penerus selaku warga Negara Indonesia.

Hal itu dilakukan langsung personel Pos Fohululik, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, mereka berinisiatif untuk mengadakan wisata Wawasan Kebangsaan dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang bentuk dan karakteristik batas-batas negara secara terperinci kepada anak-anak sejak usia dini.

Baca Juga: Demokrat Berang Saat Anies Menyamakan Dirinya dengan Rasulullah
Ogah Revisi Anggaran Trotoar, Pemprov DKI: Kami Tidak Ngawur!

Kesemuanya itu dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perlunya menjaga perbatasan kepada anak, ujar dia.

Sementara Kepala Sekolah SD Inpres Fohululik Maria H.K Olo Bau, M.Pd mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ atas diadakannya kegiatan wisata tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada TNI yang mana telah ikut andil dalam mencerdaskan siswa-siswi SD Inpres Fohululik dalam rangka memberikan wawasan kebangsaan tentang ilmu pengetahuan tentang batas-batas Negara," ujarnya.

Danpos Fohululik Sertu Ediyanto Simangunsong mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pahlawan pada tanggal 10 November mendatang.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pahlawan pada tanggal 10 November, dan kami berharap apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi anak-anak SD Inpres Fohululik selaku generasi penerus Bangsa pengisi kemerdekaan mendatang," tambahnya.

Berita Terkait

Nama Palembang Mendunia Akibat Asian Games 2018 Nama Palembang Mendunia Akibat Asian Games 2018
Panitia Tunggu Kepastian Dana Tambahan Asian Games 2018 Panitia Tunggu Kepastian Dana Tambahan Asian Games 2018
Ada Ribuan Miras dari Malaysia Diamankan TNI Perbatasan RI Ada Ribuan Miras dari Malaysia Diamankan TNI Perbatasan RI

#tni #TNI AD #TNI di Perbatasan #perbatasan #Palembang #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar