Inilah Solusi Rasulullah untuk Pasangan yang Sedang Jatuh Cinta

Ilustrasi Jatuh cinta (Istimewa)

Arah - Manusia pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Ketika kita sedang jatuh cinta, kita pasti tahu betul rasanya seperti apa. Dunia ini seakan milik berdua, tiada hari tanpa tidak mengingat wajahnya dan kamu rela melakukan apa saja demi yang tersayang.

Namun terkadang, ketika dua insan saling jatuh cinta, dan belum memiliki ikatan yang sah di hadapan Allah SWT, mereka cenderung akan melakukan maksiat yang sangat jelas dilarang oleh Allah SWT.

Kasus pacaran berujung perzinahan hingga akhirnya kehamilan tentu tak sedikit jumlahnya. Karena hal tersebut, mereka terpaksa menikah di usia muda, dimana secara mental mereka belum siap membina dan membangun rumah tangga. Keadaan ekonomi pun belum memadai hingga akhirnya membuat mereka sengsara.

Benar kata pepatah, 'Cinta itu buta', membutakan yang mana yang salah dan mana yang benar. Selama itu didasari oleh nafsu, mereka akan melakukannya atas nama cinta tanpa berfikir panjang akibat yang akan ditimbulkannya.

Namun, sisi lain cinta itu bisa membuat kita bahagia, lebih semangat menjalani hidup serta menjadi motivasi untuk saling melindungi satu sama lain. Ya, cinta itu bagaikan pisau, dapat bermanfaat namun dapat juga melukai.

Lantas, apa solusi Islam untuk dua insan yang saling jatuh cinta dan belum memiliki ikatan yang sah?

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Orang Meninggal Husnul Khatimah
Dahsyatnya Sholat 2 Rakaat Sebelum Subuh!!

Rasulullah SAW memberikan solusinya sebagai berikut;

“Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang jatuh cinta selain menikah.” (HR. Ibnu Hajah).

Jadi, solusi terbaik untuk dua orang yang saling mencintai adalah dengan cara menikahkannya.Karena dengan menikah, mereka akan terhindar dari perbuatan maksiat.

Agama Islam mengajarkan bagi orang yang sedak dimabuk cinta untuk sesegera mungkin menikah jika ia mampu. Tapi jika ia belum mampu, maka berpuasalah.

Rasulullah SAW bersabda;

“Barang siapa belum mampu, maka hendaklah dia berpuasa karena puasa dapat menahan dirinya dari ketergelinciran perbuatan zina.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, Islam memberikan solusi untuk orang yang sedang jatuh cinta dan belum memiliki ikatan resmi (secara agama dan negara), untuk sesegera mungkin menikah. Itupun jika ia mampu melaksanakannya, dan jika belum sanggup menikah, maka puasa adalah benteng terakhir untuk terhindar dari maksiat dan perzinahan. Wallahu'alam.

Berita Terkait

Jodoh Tak Kunjung Datang? Mungkin Kamu Masih Melakukan 8 Dosa Ini Jodoh Tak Kunjung Datang? Mungkin Kamu Masih Melakukan 8 Dosa Ini
Begini Hukumnya Berlebihan Memuji Nabi Muhammad SAW Begini Hukumnya Berlebihan Memuji Nabi Muhammad SAW
Komnas HAM: Islam Sudah Lebih Lama Mengenal Hak Asasi Komnas HAM: Islam Sudah Lebih Lama Mengenal Hak Asasi

#hadis #rasulullah saw #Nabi Muhammad SAW #tips #solusi #islam #Islami #pernikahan #Puasa #Berpuasa #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar