Manfaat Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Anak

Menjaga anak dari pengaruh buruk internet (Bigstock)

Arah -  Dalam proses tumbuh kembang anak, tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan untuk menjadikan sang buah hati cerdas, pintar, dan kreatif.

Seiring dengan pertumbuhannya, ikatan emosional anak sejak dini akan selaras berkembang dalam pembentukan karakter anak nantinya. Tidak hanya itu saja, kedekatan orang tua dan sikap prilaku pun juga ikut mempengaruhi tumbuh kembangnya sang buah hati.

Ikatan emosional ini dapat berkembang melalui beberapa hal yang dilakukan orang tua sehari-hari, salah satunya dengan mendongeng. Sehingga, sangat wajar jika dikatakan bahwa orangtua merupakan pendongeng terbaik bagi anak-anaknya.

Dokter Spesialis Syaraf Anak, dr. Herbowo Soetomenggolo SpA(K) menjelaskan pentingnya memberikan edukasi melalui dongeng kepada anak sejak kecil. Pasalnya mendongeng mempunyai porsi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Komen Kader Demokrat 'Wajah Puan Lebih Tua dari Megawati' Viral
Hindari Gaduh, Golkar Disarankan Kedepankan Musyawarah saat Munas

"Saat mendongeng, kerja otak aktif dan anak tidak cuma mendengar tapi membuat imajinasi. Aktivitas otak pendongeng dan pendengar sama. Anak akan merasakan dan membayangkan apa yg diceritakan. Mereka mendengarkan cerita tidak hanya mulut bekerja tapi juga otak," ujarnya kepada media.

Lanjutnya, ketika seorang anak mendengarkan dongeng, nalarnya bekerja dengan baik. Hal itu berhubungan dengan kemampuan membaca dan berbicara. Selain itu, bisa berpengaruh juga dengan IQ.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada orangtua untuk menstimulasi perkembangan otak anak melalui dongeng. Karena cara tersebut sangat mudah namun manfaatnya banyak sekali.

"Yang perlu diperhatikan adalah saat mendongeng harus dua atah antara ibu dan anak untuk membantu perkembangan otak (amigdala) emosi, memori dan mengintegrasikan otak area prefrontal," jelasnya.

Sementara itu, Dokter Herbowo mengatakan bahwa tidak ada waktu yang tepat untuk memberikan dongeng kepada anak. Menurutnya semua waktu baik antara siang atau malam tergantung orangtuanya sendiri memberikan waktu luang kepada sang anak.

"Waktu yang tepat adalah dimana anak mendengarkan dengan baik. Kenapa biasanya orang tua mendongeng malam hari? Karena anak sudah cape ingin istirahat dan tidak ada aktivitas lagi. Kalaupun misalnya ibunya kerja masuk malam, bisa juga dibacakan dongeng siang hari saat tidur siang. Yang terpenting ada waktu luang bukan meluangkan waktu, itu waktu yang terbaik," tutupnya.

Berita Terkait

Prakiraan Cuaca: Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Minggu Prakiraan Cuaca: Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Minggu
Sejumlah Halte Transjakarta Mulai Pasarkan Kartu OK-Otrip Sejumlah Halte Transjakarta Mulai Pasarkan Kartu OK-Otrip
Pemprov DKI Pastikan Hunian DP Nol Rupiah Berkualitas Pemprov DKI Pastikan Hunian DP Nol Rupiah Berkualitas

#tumbuh kembang anak #peran orang tua #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar