Waspada Pancaroba, Kecepatan Angin Capai 45 Km/Jam di Jawa Timur

Ilusttasi foto: Angin kencang dan hujan dari Topan. (REUTERS)

Arah -  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Subhan Wahyudiono meminta agar masyarakat waspada terhadap potensi adanya angin puting beliung sampai dengan bulan desember 2019 mendatang. Menurut dia, hasil koordinasi dengan BMKG, terpaan angin kencang itu sudah terjadi di beberapa wilayah di Jatim.

"Hasil koordinasi kami dengan BMKG bahwa ada angin kencang merusak dengan kecepatan rata-rata 45 km perjam sehingga dimana-mana ada angin puting beliung kemarin di Tuban ada, Bojonegoro ada, Lumajang ada. Termasuk yang di Batu kemarin itu," katanya pada Kamis (14/11/2019).

Subhan menjelaskan, fenomena adanya puting beliung di beberapa wilayah di Jatim juga mengakibatkan adanya musibah lanjutan, seperti kebakaran yang ada di enam gunung di Jatim. Menurut dia, belakangan, fenomena angin kencang itu sudah terjadi di dataran rendah seperti Bojonegoro dan Lamongan. 
Dia memprediksi,  ancaman puting beliung akan mereda ketika musim hujan sudah mulai merata mengguyur Jatim.

"Kalau angin kencang ini mereta namanya bencana tidak bisa dipastikan, kalau pertengahan oktober kemarin di ketinggian. Kalau sekarang ada di Bojonegoro dan Lamongan. Nanti hujan mereta mulai awal Desember," tambahnya.

Seperti diketahui, ribuan rumah rusak karena angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu lalu (9/11) di Bojonegoro, Jawa Timur. Puting beliung yang disertai dengan hujan deras itu terjadi sore hari sekitar pukul 16.30 WIB. Angin juga mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik jalan protokol. Kerusakan pemukiman tadi tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Bojonegoro, Kapas, Balen, Sumberrejo, Trucuk, Kalitidu, Dander, Ngasem, Ngambon, Margomulyo, Gayam dan Kepohbaru./Budi/

Berita Terkait

Pulau Tambelan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor Pulau Tambelan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor
BNPB Gelar Bimtek Srikandi Siaga Bencana BNPB Gelar Bimtek Srikandi Siaga Bencana
Jokowi dan JK Lakukan Pembahasan Penanganan Bencana Jokowi dan JK Lakukan Pembahasan Penanganan Bencana

#Hujan #Tanda-tanda Musibah #bencana #Bencana Alam #Jawa Timur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar