Miris! Krisis Air Meluas, Warga Gunakan Air Kotor untuk Mandi

Krisis air bersih di Pantura/nugraha

Arah -  Krisis air bersih di wilayah Kota Cirebon mulai meluas. Kali ini warga di Dusun Benda Kulon dan Dusun Cadas Ngampar Kopi Luhur Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon mulai mengalami krisis air.

Warga terpaksa menggunakan air tak layak pakai untuk Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) yang diperoleh dari sungai kotor. Meski beberapa hari lalu sempat turun hujan namun krisis air justru semakin parah,  karena hujan yang mengguyur belum mampu menormalkan debit sumur warga.

“Kami sangat butuh air bersih apalagi jelang warga sedang persiapan acara muludan (peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW). Selama ini kami gunakan air dari sungai yang kotor dan mungkin sudah tercemar limbah rumah tangga,” Ujar Kusno warga Benda Kulon yang ditemui.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, warga mulai meminta bantuan kepada para donatur. Kondisi ini dialami warga karena musim kemarau berkepajangan.

Baca Juga: Remaja Koma Setelah Tiga Tahun Mengisap Rokok Electric
Ogah Masuk Koalisi Jokowi, PKS Kekeuh Jadi Oposisi

“Berharap bantuan dari donatur dua kali dalam sepekan, karena musim kemaraau tahun ini terhitung panjang dibanding tahun lalu jadi membuat sumur warga kering,” Ditambahkan Kusno.

Kelurahan Argasunya Kota Cirebon menjadi salah satu wilayah terdampak krisis air bersih selama musim kemarau panjang tahun ini. Jika sebulan lalu ada 3 wilayah yang terdampak krisis air bersih, kini diketahui ada 8 wilayah yang mulai kesulitan air.

“Wilayah yang terdampak krisis air mulai menyebar. Untuk hari ini kami salurkan air bersih isi 4.000 liter sebanyak 3 truk sehingga total menjadi 12 ribu liter air bersih. Itu pun habis hanya hitungan menit,” Ujar Adji Priatna, salah satu donator air bersih.

Pemerintah Kota Cirebon pun sudah menanggapi krisis air dengan menyebar truk tangki. Namun, persediaan sudah mulai menyusut. /nugraha/

Berita Terkait

BMKG: Musim Kemarau Bukan Berarti Tak Ada Hujan Sama Sekali      BMKG: Musim Kemarau Bukan Berarti Tak Ada Hujan Sama Sekali
Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup

#kekeringan #Musim Kemarau #jalur pantura #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar