Bintang Iklan Pertama Marlboro yang Tak Pernah Merokok Tutup Usia

Bintang iklan rokok Marlboro, Robert. C. Norris (Istimewa)

Arah - Sang legenda bintang iklan rokok Marlboro, Robert. C. Norris meninggal dunia pada 3 november 2019 di usia 90 tahun. Kematian Norris diumumkan di situs web Tee Cross Ranches tak lama kemudian.

Siapa sangka sosok yang disebut sebagai Marlboro Man ini dalam kehidupan nyatanya tak pernah merokok. Padahal iklan yang dibintanginya paling sukses mempengaruhi penikmat rokok asal Amerika Serikat tersebut.

Dilansir New York Times, Robert Norris dalam kesehariannya adalah seorang peternak. Ia pemilik peternakan ratusan hektar di Colorado Spring yang disebut T-Cross Ranch memiliki 150 ekor kuda dan lebih dari ribuan pasang sapi dan anak sapi.

Karena kecintaannya terhadap hewan hewan ternak, dia juga mendirikan perternakan keduanya di Arizona.

Norris sebenarnya bukanlah seorang aktor atau bintang iklan. Dia dikontrak menjadi bintang iklan rokok Marlboro ketika fotonya masuk koran bersama aktor John Wayne yang hadir dalam acara penjualan kuda di peternakannya.

Selama hampir 14 tahun Norris menjadi bintang iklan rokok yang ikonik. Dengan perawakannya yang tinggi dan tampan, ia memerankan sosok cowboy yang berjalan mengangkut tali kekang kuda dengan sebatang rokok terselip di bibirnya.

Profesor Scott Ellsworth, seorang dosen dari Universitas Michigan dan mantan sejarawan di Smithsonian Institution, melakukan hampir 60 wawancara dengan mantan bintang iklan rokok lain.

Hasilnya, Norris dinobatkan sebagai sosok paling sukses di dunia.

"Kampanye Marlboro Man adalah salah satu kampanye iklan paling sukses sepanjang masa," kata Prof. Scott.

Ajaibnya, walau sangat terkenal sebagai bintang iklan rokok, Norris bukanlah seorang perokok di kehidupan sehari-harinya. Dia sadar telah mengkampanyekan iklan yang memberi pengaruh buruk bagi anak-anaknya dan selalu menasihati mereka untuk menjauhi rokok.

Suatu hari, anaknya yang bernama Bobby berkata, “Kalau ayah tidak mau kami merokok, lalu mengapa masih jadi bintang iklan rokok,” katanya.

Sejak saat itulah Noris memutuskan kontrak dengan Marlboro.

Baca Juga: Pascabom di Polrestabes Medan, 23 Terduga Teroris Ditangkap
Letusan Gunung Merapi Berpontensi Terus Terjadi

Robert C. Norris lahir di Chicago pada 10 April 1929. Ia menikah dengan Jane Wright dan tinggal di Fort Collins, Coloardo sejak 1953.

Robert adalah seorang filantropis yang memiliki ketertarikan pada seni dan binatang. Norrismenghabiskan masa tua di peternakannya bersama dengan empat anaknya, 13 cucu, dan 18 cicit.

Patung untuk mengenangnya dibangun di Colorado Springs.

Berita Terkait

Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa
Hari Pahlawan, BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Cerah Berawan Hari Pahlawan, BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Cerah Berawan
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan

#Marlboro #Meninggal Dunia #bintang iklan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar