Ada Menteri Toilet! Inilah Empat Menteri 'Nyeleneh' di Dunia

Menteri Toilet Jepang (Istimewa)

Arah - Jabatan menteri di suatu negara biasanya mengurusi urusan strategis di suatu negara, dari mulai agama, ekonomi, infrastruktur hingga lingkungan.

Namun, ada beberapa negara di dunia ini yang membentuk susunan kementrian dengan tugas yang 'antimainstream' dan unik.

Berikut ini arah.com rangkum dari berbagai sumber, lima menteri di dunia dengan tugas paling unik di dunia:

1. Menteri Kesepian (Inggris)

Foto: Facebook

Menteri bernama Tracey Crouch ini ditunjuk oleh Perdana Menteri Theresa May di tahun 2018 untuk menjabat sebagai menteri kesepian. Tugasnya, untuk mengatasi berbagai masalah sosial di Inggris, khususnya terhadap kaum lansia yang terisolasi.

Program kerja menteri yang satu ini yaitu melingkupi penanganan isu kesepian di pendidikan formal (sekolah dasar dan menengah), pendampingan para pengidap penyakit yang susah diobati.

"Bagi banyak orang, kesepian adalah realitas menyedihkan di kehidupan modern ini," ujar Tracey Crouch.

2. Menteri Toilet (Jepang)

Foto: i24news.tv

Keberadaan toilet di Jepang merupakan salah satu hal yang paling penting. Saking pentingnya, Jepang rela merogoh kocek senilai 60 juta dolar AS hanya untuk membangun museum yang didedikasikan untuk toilet.

Haruko Arimura, seorang menteri Pemberdayaan Wanita Jepang bahkan dijuluki sebagai 'Menteri Toilet' di tahun 2014. Tugasnya yaitu memperbaiki toilet umum, khususnya bagi perempuan.

"Perempuan tidak mungkin masuk ke toilet kotor di taman umum. Untuk memungkinkan wanita pekerja di luar rumah bisa nyaman memakainya, maka perlu memperbaiki toilet umum," kata Haruko Arimura.

3. Menteri Modifikasi Cuaca (Tiongkok)

Foto: Reuters

Jabatan kementerian terunik lainnya ada di Tiongkok, lembaga kementerian ini bernama Beijing Weather Modification Office atau Kantor Modifikasi Cuaca Beijing.

Seperti namanya, tugas kementerian yang satu ini adalah memodifikasi atau mengubah cuaca sesuai kebutuhan nasional, seperti mengontrol tugas dan mengatur jadwal turun hujan. Kalau di Indonesia, kementerian ini mirip seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: Bikin Ngakak, Ini Ekspresi Risma Saat di Prank Wartawan Kesurupan
Kelewat Santuy! Pasangan Ini Menikah dengan Konsep Nyeleneh

4. Menteri Yoga (India)

Foto: Hindustantimes.com

Pada tahun 2014 silam, di saat masa kepemimpinan Narendra Modi, dibentuklah suatu kementerian baru di India yang bertugas untuk mempromosikan praktek kesehatan tradisional yang berasal dari India, Yoga.

Kementerian Yoga secara administratif bernama kementerian AYUSH (singkatan dari Ayurveda, Yoga, Unani, Siddha, dan Homeopati), kementerian ini dijabat oleh Shripad Naik.

Meski semula pembentukan kementerian baru ini sempat menjadi kontroversi, sejumlah program nasional sukses digelar seperti kampanye Hari Yoga Internasional (2015) dan acara yoga massal pada Juni 2019 yang diikuti 35.000 peserta.

Berita Terkait

Sulsel Ikut Sukseskan Kejuaraan Senam Asia 2018 Sulsel Ikut Sukseskan Kejuaraan Senam Asia 2018
Cerita Tentara Jepang Hidup di Hutan Selama 30 Tahun Cerita Tentara Jepang Hidup di Hutan Selama 30 Tahun
Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak

#menteri #kementerian #unik #India #Inggris #Jepang #Tiongkok #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar