Hati-hati, Hindari 5 Kesalahan dalam Olahraga

Ilustrasi pusat kebugaran (Pixabay)

Arah - Tujuan orang melakukan aktivitas olahraga umumnya agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, orang akan terlihat lebih muda dan bersemangat.

Namun bisa saja yang terjadi sebaliknya jika salah dalam menerapkan pola olahraga. Jika itu terjad justru Anda akan terlihat lebih tua meski melakukan akmtivitas olahraga. 

Apa saja kesalahan berolahraga yang justru membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? 

1. Olahraga sepekan penuh 
Olahraga penting, tapi juga butuh jeda sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Gunakan satu atau dua hari untuk beristirahat total dari kegiatan olahraga.

Ahli terapi olahraga dan rehabilitasi Jav Asaro seperti dikutip dari Web MD, mengatakan olahraga berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol dalam darah. 

Kadar kortisol yang tinggi memiliki efek kontra terhadap insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Gula berlebih akan diproses dan menjadi Glycation Advanced (AGEs).

AGE kemudian akan mengikat serat kolagen yang menyebabkan kulit menjadi kurang elastis dan mengalami kerutan dini.

2. Salah postur
Postur salah seperti membungkuk atau condong ke depan saat melakukan gerakan olahraga dapat menyebabkan bentuk tulang belakang menjadi tidak tegap. 

Postur salah juga berpotensi membuat Anda mengalami sakit punggung atau pinggang, masalah yang kerap dihadapi orang-orang saat memasuki masa lansia.

3. Hanya melakukan kardio
Olahraga kardio seperti berlari merupakan olahraga yang mudah, dan menyehatkan. Seiring bertambahnya usia, Anda perlu melengkapinya  dengan latihan kekuatan agar tetap bugar.

Survei Abbott-AARP mengungkapkan orang Amerika  berusia 50 tahun tidak memiliki kekuatan otot memadai. Dari survei tersebut diketahui, lebih banyak yang hanya melakukan kardio. Hanya seperempat dari mereka yang angkat beban. 

Baca Juga: Begini Ciri-ciri Puber Kedua Bagi Kaum Wanita
Pesona Tanah Lot di Bali Tepis Isu Wisata 'Tak Layak Dikunjungi'

4. Tidak melatih otot panggul
Banyak yang mengabaikan untuk melatih otot panggul saat berolahraga. Pelatih profesional Guy Andrew kepada Prevention mengatakan mengabaikan otot dasar panggul akan membuat perut buncit dan bergelambir seperti yang umumnya dialami wanita setelah usia patuh baya, 

Bagaimana cara menghindarinya? Kencangkan otot di sekitar area panggul bawah selama 3 detik tanpa perlu menahan napas kemudian lemaskan kembali otot selama 3 detik. Lakukan hingga 10 kali.

5. Tidak melakukan HIIT
Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) sangat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Meski hanya dilakukan 15-30 menit, HITT dapat membantu memperlambat penuaan.

Studi yang dimuat dalam jurnal Cell Metabolism menunjukkan orang di atas 40 tahun yang melakukan HIIT mengalami peningkatan kapasitas mitokondria 69 persen. Kondisi ini membantu tubuh menciptakan energi, peningkatan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan risiko diabetes.

Berita Terkait

Olahraga Bisa Tekan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke Olahraga Bisa Tekan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Jaga Kesehatan, Teuku Wisnu Jadikan Bersepeda Sebagai Gaya Hidup Jaga Kesehatan, Teuku Wisnu Jadikan Bersepeda Sebagai Gaya Hidup
Sandiaga Uno ingin Gaungkan Asian Games 2018 Sampai Kelurahan Sandiaga Uno ingin Gaungkan Asian Games 2018 Sampai Kelurahan

#Olahraga #kesehatan #penuaan dini #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar