Begini Tanggapan Zulkifli Hasan Soal Isu Masa Jabat Presiden Ditambah

Dok Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto:arah.com)

Arah - Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, rekomendasi MPR periode 2014-2019 adalah amandemen terbatas UUD 1945 untuk menghadirkan kembali haluan negara. Hal itu menurut dia penting agar pembangunan Indonesia berjalan berkelanjutan untuk 50 hingga 100 tahun ke depan.

Ia mencontohkan, dahulu India tidak memiliki rencana pembangunan strategis sehingga tiap presiden memiliki visi misi sendiri.

Saat ini menurut dia, India memiliki rencana pembangunan strategis misanya program luar angkasa, program nuklir, dan ilmu pengetahuan yang berjalan berkelanjutan siapapun presidennya.

Hasan mengingatkan rekomendasi MPR periode lalu hanya terkait menghadirkan kembali haluan negara, tidak merekomendasikan yang lain termasuk soal perubahan masa jabatan presiden-wakil presiden. Menurut dia, kalau ada wacana baru, tentu boleh saja namun harus mulai dari awal lagi.

Wacana mengubah pasal 7 UUD 1945 tentang masa jabatan presiden-wakil presiden nampaknya akan berhenti di tengah jalan karena mayoritas fraksi di MPR tidak setuju dengan wacana itu.

Baca Juga: Soal PKL di Trotoar Jakarta, Pemprov DKI: Untuk Kebutuhan Warga
Viral, Begini Arahan Menteri Nadiem Saat Peringati Hari Guru Nasional

Hal itu karena mereka sedang fokus mengenai bagaimana usulan untuk menambah kewenangan MPR dalam membentuk haluan negara berhasil diwujudkan karena hingga saat ini masih ada sikap kontra di masyarakat.

Selain itu, masa jabatan presiden-wakil presiden dua periode merupakan esensi utama dari reformasi yaitu adanya pembatasan kekuasaan khususnya masa jabatan presiden.

Berita Terkait

Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini
Ini Rangkaian Pelantikan Presiden dan Wapres RI 2019-2024 Ini Rangkaian Pelantikan Presiden dan Wapres RI 2019-2024
5.000 Petugas Kebersihan Dikerahkan Pada Malam Tahun Baru 5.000 Petugas Kebersihan Dikerahkan Pada Malam Tahun Baru

#MPR RI #Arif Zulkifli #PAN #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar