Habib Rizieq Akan Pulang ke Indonesia Dalam Waktu Dekat

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. (Foto: Facebook Muh Fais Shadikin)

Arah - Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi mengatakan, saat ini pemerintah Indonesia dan negaranya sedang negosiasi proses pemulangan Rizieq Sihihab. 

"Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh otoritas tinggi kedua negara dan kami berharap ini segera bisa diselesaikan," ujar Esam A. Abid di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Baca Juga: Dorong Presiden Dipilih MPR, PBNU: Pilpres Langsung Banyak Mudharatnya
Ilham Bintang: Ahok Itu Lemah, Ibarat Anak Emas yang Dilindungi BabySitter

Namun, dirinya enggan menjawab terkait pernyataan Rizieq yang menyebut pemerintah Indonesia telah meminta pihak Arab Saudi, agar dipersulit proses kepulangannya. 

"Saya tidak bisa bicara apapaun karena ini sedang dinegosiasikan secara mendalam oleh kedua otoritas, antara Arab Saudi dan Indonesia," kata Esam. 

Menurutnya, negoasiasi ini tidak melibatkan Rizieq, tetapi hanya antar pemerintah saja. 

"Tidak (sama Rizieq), hanya otoritas tinggi antara kedua negara," paparnya. 

Sementara, Menko Polhukam Mahfud Md memastikan pemerintah tak mencekal Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Mahfud mengatakan Rizieq juga tak pernah melapor tentang masalah yang dialaminya.

"Ternyata memang tidak ada sama sekali pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia ,untuk itu kami tidak bisa berbuat apa-apa karena urusannya bukan dengan pemerintah Indonesia sebenarnya," ucap Mahfud saat memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

"Tapi sampai saat ini tidak ada dan Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya, kita mendengarnya dari YouTube dari medsos, kalau tidak melapor bagaimana kita mau bertindak," ungkap Mahfud.

Mahfud menambahkan, bahwa Kedubes Indonesia dan Konjen RI di Jeddah akan membantu WNI yang melapor meski sekadar tabrakan. WNI itu akan dibantu dibawa ke rumah sakit hingga dipulangkan ke Tanah Air.

"Nah kalau ini tidak melapor lalu kita turun tangan nanti malah kita yang Salah. Oleh sebab itu kalau Habib Rizieq punya masalah dengan Arab Saudi ya monggo silakan, nanti kalau memang secara formal diperlukan pemerintah turun tangan sesudah beliau kontak masalah di Arab Saudi tentu kewajiban kita untuk ikut turun tangan," tambahnya.

Berita Terkait

Ini Kasus Sebenarnya yang Dialami Habib RIzieq di Saudi Arabia Ini Kasus Sebenarnya yang Dialami Habib RIzieq di Saudi Arabia
PA 212: Habib Rizieq Bukan Tidak Berani Pulang, Tetapi? PA 212: Habib Rizieq Bukan Tidak Berani Pulang, Tetapi?
Ini Langkah Prabowo Saat Mendengar Isu Pencekalan Habib Rizieq Ini Langkah Prabowo Saat Mendengar Isu Pencekalan Habib Rizieq

#Mahfud MD #Habib Rizieq #sindir habib rizieq #Habib rizieq dilaporkan #Pemeriksaan Habib Rizieq #Cekal #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar