Strategi Ridwan Kamil Lahirkan Penghafal Al-Quran di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Arah -  Sebanyak 1.500 hafidz dan hafidzah (penghafal Al-Quran) disebar oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke 1.500 desa di 27 kabupaten dan kota. Para penghafal Al-Quran dari program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) itu, mengemban tugas untuk melatih warga desa menjadi penghafal Al-Qur'an.


Ridwan Kamil mengatakan, otoritasnya terus berupaya mencapai terwujudnya satu hafidz di total 5.312 desa yang ada. Targetnya, semua desa di Jabar memiliki minimal satu hafidz dan hafidzah pada 2023.


"Melalui program Sadesha ini, tahun 2023 nanti tidak boleh ada desa di Jabar yang tidak punya penghafal Al-Qur'an," kata Kamil dalam keterangan resminya, Bandung, Jumat, 6 Desember 2019.


Kamil menambahkan selain mencetak penghafal Al-Qur'an di desa, para hafidz dan hafidzah ini juga diberikan tugas untuk memberikan pemahaman tentang Al-Qur'an yang komprehensif, pemahaman agama, dan menangkal paham radikalisme. Namun tujuan program Sadesha ini ucap Kamil, juga untuk memberantas buta huruf Al-Qur'an di Jawa Barat.


Program Sadesha yang diklaim pertama kali ada di Indonesia, diakui Kamil sejalan dengan visi pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Kamil, peningkatan kualitas SDM tak hanya mengenai teknologi dan pendidikan, tapi juga keagamaan juga perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Erick Thohir Pecat Ari Askhara, Ini Plt Dirut Garuda Indonesia
Kejar Tiket Final, Timnas Indonesia Fokus Hadapi Myanmar



"Sesuai visi misi kami, Jabar Juara Lahir dan Batin, tak hanya pembangunan fisik yang kita kejar tapi masyarakat Jabar juga harus religius," sebut Kamil.


Sementara dalam visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, program Sadesha bersama tujuh program keumatan lainnya yakni Magrib Mengaji, Subuh Berjamaah Keliling, Zakat Digital, One Pesantren One Product (OPOP), English for Ulama, Dakwah Digital, serta Perda Pesantren, berupaya untuk menciptakan Jabar Juara Lahir dan Batin./Arie Nugraha/

Berita Terkait

Ini Usulan Rancangan Perda DKI yang Sedang Digodok DPRD Ini Usulan Rancangan Perda DKI yang Sedang Digodok DPRD
Ridwan Kamil Sudah Kantongi Restu Jokowi Maju Pilgub Jabar Ridwan Kamil Sudah Kantongi Restu Jokowi Maju Pilgub Jabar
Golkar Serahkan Surat Pencabutan Dukungan Kepada Ridwan Kamil Golkar Serahkan Surat Pencabutan Dukungan Kepada Ridwan Kamil

#Ridwan Kamil #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar