Menkominfo Berharap Polemik Direksi dan Dewas Tak Ganggu Aktivitas TVRI

Gedung kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). (kominfo.go.id)

Arah - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate berharap polemik di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dapat diselesaikan secara internal. Dia juga berharap aktivitas TVRI berjalan normal seperti biasa.

“Kepada Direksi dan Dewan Dengawas (Dewas), saya tentu berharap atas nama pemerintah, masalah manajemen TVRI diselesaikan secara internal di dalam lingkungan TVRI,” ujar Menteri Johnny dalam keterangan persnya di Jakarta, Jum’at (6/12/2019).

Penyataan Menkominfo menanggapi polemik terkait dengan surat pemberhantian Direktur Utama Helmi Yahya yang dilakukan Dewan Pengawas TVRI. Dia menjelaskan jika terjadi perbedaan penafsiran terkait tata kelola TVRI, Kemenkominfo sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2005, tidak mempunyai kewenangan struktural dengan dewan pengawas maupun direksi BUMN.

“Karena Dewan Pengawas TVRI dibentuk melalui seleksi Pansel, diputuskan oleh komisi 1 DPR RI dan pengangkatannya melalui Keputusan Presiden,” jelasnya.

Baca Juga: Polemik Direksi dan Dewas TVRI, Menkominfo Minta Patuhi Regulasi
Begini Perlawanan Helmy Yahya Soal Pencopotan dari Dirut TVRI

Menurut Menkominfo Dewan Pengawas adalah bagian dari cabang kekuasaan eksekutif. Sementara itu, Direksi TVRI dibentuk melalui Pansel Dewan Pengawas, sehingga relasi kerjanya sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah tersebut.

“Untuk itu yang dapat saya sampaikan disini bahwa kisruh manajemen yang ada di TVRI adalah masalah internal TVRI, karenanya kita berharap bahwa itu diselesaikan secara internal oleh TVRI,” tegasnya.

Selain berharap polemik dapat diselesaikan secara internal, Johnny berharap aktivitas TVRI berjalan normal seperti biasanya.

“Sebaiknya tidak menjadi atau tidak dibawa ke ranah publik terganggu, selesaikan itu secara internal, karena TVRI mempunyai tugas yang begitu besar, TVRI harus diselamatkan, harus diberi kesempatan untuk maju menjadi lembaga penyiaran publik yang mentransmisikan kebijakan-kebijakan negara untuk kepentingan publik, yang mentransmisikan harapan-harapan publik yang dilakukan negara,” tegasnya.

Berita Terkait

Polemik Direksi dan Dewas TVRI, Menkominfo Minta Patuhi Regulasi Polemik Direksi dan Dewas TVRI, Menkominfo Minta Patuhi Regulasi
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya

#TVRI #Helmi Yahya #Kemenkominfo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar