Kemenag Manfaatkan Media Sosial untuk Sebarkan Moderasi Beragama

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan (Foto:Kemenag)

Arah - Kementerian Agama akan memperbanyak penyuluhan melalui media sosial guna penyebaran nilai-nilai keagamaan yang moderat. Ini untuk melengkapi penyuluhan keagamaan yang selama ini telah dilakukan dalam mencegah radikalisme, bahkan terorisme di Indonesia

"Ke depan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, pencegahan radikalisme dan terorisme tidak hanya melalui jalur konvensional seperti penyuluhan, ceramah-ceramah dan melalui kurikulum di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama saja," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Nur Kholis dikutip situs Kemenag berharap, ke depan penyuluhan sudah mulai melalui jalur kontemporer  memanfaatkan media dan jaringan sosial dengan pendekatan yang lebih diterima kaum milenial. Dia menyampaikan peranan Kementerian Agama dalam penanggulangan radikalisme dan terorisme bersifat pencegahan.

"Dalam artian tusi Kementerian Agama memberikan pemahaman keagamaan yang tepat sehingga dapat mencegah paham radikal yang berujung pada terorisme," katanya.

Pada tahun 2019, Kemenag telah terlibat dalam Aksi Penanggulangan Terorisme beserta 36 Kementerian/Lembaga yang dimotori Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Rencana Aksi Kementerian Agama tentang Penanggulangan Terorisme Tahun 2019 ini 100 persen disetujui BNPT untuk diterapkan.

"Di mana dalam rencana ini terdapat 22 rencana aksi. Namun masih terbatas pada tiga provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Timur," kata nya.

Baca Juga: Tegas! Erick Thohir Larang BUMN Bagi-bagi Suvenir
Presiden Dipilih MPR, Akademisi: Itu Tak Masuk Akal

Dia berharap, pada tahun 2020 rencana aksi Kementerian Agama terkait penanggulangan terorisme akan bertambah.

"Karena kami berharap lebih banyak keterlibatan dari unit eselon I, seperti Ditjen Bimas Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha," tambahnya.

Berita Terkait

Fadli Zon: Radikalisme dan Terorisme Ditunggangi Pemikiran Komunisme Fadli Zon: Radikalisme dan Terorisme Ditunggangi Pemikiran Komunisme
Tangkal Radikalisme, BPIP Perkuat Sinergi dengan BNPT            Tangkal Radikalisme, BPIP Perkuat Sinergi dengan BNPT
Menag Fachrul Razi: ASN Nyebar Isu Radikal, Kita Panggil Menag Fachrul Razi: ASN Nyebar Isu Radikal, Kita Panggil

#Kemenag #Radikalisme #Terorisme #hari raya keagamaan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar