Bikin Ampuh,Ini Dia 7 Minuman yang Pas Saat Musim Hujan

MInuman Hangat (istimewa)

Arah -

Setelah merasakan musim kemarau yang cukup panjang, sekarang kini saatnya kedatangan musim hujan di akhir bulan november, hujan deras sudah mengguyur dibeberapa wilayah indonesia. Nah, Biasanya orang-orang menyebutnya November rain.

Supaya bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar selama musim hujan ini, sudah seharusnya kita memakan asupan yang bergizi. Utamakan untuk mengonsumsi makanan atau minuman hangat agar tubuh bisa menjadi hangat. lalu minuman apa saja yang pas untuk agar tubuh kita menjadi hangat.

Beberapa minuman yang cocok untuk menjaga kehangatan tubuh dan stamina kita saat musim hujan.

1. Wedang Uwuh
Wedang uwuh ini biasa dikenal dengan minuman runtah atau sampah, minuman ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan warna khasnya yang sedikit kemerahan itu didapat dari kayu secang. Terdiri dari rempah-rempah seperti pala, cengkeh, jahe, secang, kayu manis dan gula. Nikmat sekali kalau sudah meminumnya dan bisa menyegarkan tubuh.

2. Wedang Jahe
Kalau minuman satu ini merupakan bahan dasar dari wedang-wedang yang lainnya. Bedanya, wedang jahe tidak ada tambahan bahan lainya. Yang membedakan wedang jahe itu tidak ada bahan tambahan lainnya. Hanya menambahkan jahe dan gula merah pada air panas. 

3. Wedang Ronde
Wedang ronde jugu bisa dibilang mirip dengan minuman wedang jahe, tetapi ada yang membedakan antara kedua minuman tersebut yaitu wedang ronde ada tambahan tepung ketan yang berbentuk bulan serta kacang tanah yang di sangrai terlebih dahulu, kolang kaling bersama roti tawar yang dipotong dadu sebagai pelengkap sajian.

Baca Juga: Aparat Lakukan Pungli, Menhub: Saya akan Ambil Tindakan
Facebook Hapus Miliaran Akun Palsu dan Puluhan Juta Konten Terorisme

4. Angsle
Di Yogyakarta punya punya wedang uwuh, Sedangkan kalau di Jawa Timur mempunyai angsle. Bahan utamanya adalah santan, gula, dan beras ketan. Isiannya pun beragam. Ada roti tawar, mutiara, kacang sangrai, kacang hijau, kelapa dan kolang kaling. Minuman ini biasnya dijual secara bersamaan dengan wedang ronde.

5. Bandrek
Bandrek pun juga bisa dibilang "wedang jahenya" orang-orang sunda. Bandrek juga terbuat dari jahe dan gula merah. Bedanya, bandrek ada tambahan rempah seperti serai, merica, panda, telur ayam kampung dan untuk pemanisnya menggunakan gula aren. Minuman ini cocok sekali buat disajikan saat musim dingin. Ketika meminum bandrek akan muncul di mulut sensasi pedasnya. Semakin mantap ketika dinikmati bersamaan dengan gorengan hangat.

6. Bir Pletok
Minuman bir pletok ini merupakan minuman khas dari Betawi. Meskipun namanya bir, tetapi minuman yang satu ini gk bikin mabuk karena tidak ada campuran alkoholnya sama sekali. Terbuat dari beragam rempah-rempah, 

seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gulu. Kalian juga bisa menemukan minuman ini dalam bentuk kemasan, jadi bisa lebih praktis minumnya hanya denga menyeduhnya.

7. Bajigur
Bajigur merupakan minuman yang berasal jawa barat. Sama halnya seperti beberapa minuman hangat yang sudah dibahas sebelumnya, bajigur pun juga berbahan dasar jahe. Dengan ditambahkan gula aren, santan, garam, daun pandan, dan bubuk vanili membuat bajigur semakin sedap. Nah, agar lebih nikmat, sebaiknya bajigur dinikmatinya bersama getuk dan rebus-rebusan sepweri kacang, ubi atau singkong rebus.

Nah, itulah minuman hangat yang sangat tepat meminumnya pada saat musim hujan dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan.

Berita Terkait

Ternyata Dibalik Teh Celup Mengandung Bahan Kimia Yang  Berbahaya Ternyata Dibalik Teh Celup Mengandung Bahan Kimia Yang Berbahaya
Tanggapan Anies Soal Kabinet Baru Pemerintahan Jokowi Tanggapan Anies Soal Kabinet Baru Pemerintahan Jokowi
Tercatat Ada Empat Kecamatan di Alor Rawan Banjir Tercatat Ada Empat Kecamatan di Alor Rawan Banjir

#Minuman Alami #minuman hangat #Musim Hujan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar