Paguyuban Warga Solo Tolak Pencalonan Gibran Jadi Wali Kota, Ini Alasannya

Gibran Rakabuming beli baju anak di Pasar Solo, Jawa Tengah (Foto/[email protected])

Arah -  Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu menyatakan keberatannya atas pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo dalam Pilkada Solo 2020. Mereka juga mengirimkan surat keberatan tersebut ke sejumlah Parpol di Solo.

"Kami atas nama Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu menyatakan keberatan bukan menolak. Ini masalahnya pada etika politik," ujar Koordinator Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu, Johan Syafaat Mahanani, kepada wartawan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Menurut Johan, jika masalah etika politik tersebut dianggap biasa maka akan sangat berbahaya bagi demokrasi. Keberatan mereka atas pencalonan putra Presiden Joko Widodo itu juga didasari pada Pilkada Kota Solo 2015 lalu dimana Gibran tidak menggunakan hak pilihnya.

"Bagaimana dulu beliau tidak menggunakan hak pilih tapi kini minta dipilih. Ini kan lucu, padahal memilih adalah kewajiban, dan saat itu dia juga sebagai putra presiden, seharusnya jadi contoh," jelasnya.

Pihaknya menegaskan tidak menolak tapi memberikan kesempatan kepada Gibran pada Pilkada 2025. Dengan syarat, setelah dia menggunakan hak pilihnya dulu pada Pilkada 2020.

Baca Juga: Catat! Ternyata Inilah Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang
Liverpool Lolos, Masih Tersisa 2 Tiket ke Babak 16 Besar Liga Champions

"Ini menjadi preseden buruk saat orang yang tidak memilih tapi ingin dipilih. Orang yang golput tapi ingin dipilih, ini berbahaya bagi demokrasi kita terutama bagi anak muda," jelas mantan Caleg PPP dari Dapil Laweyan Solo itu lagi.

Paguyuban Solo Peduli Pemilu tersebut beranggotakan berbagai elemen masyarakat. Surat pernyataan keberatan itu dikirimkan ke DPC PDIP Solo, DPD PKS, DPC Gerindra, DPD Golkar, DPD PAN, serta DPC PSI.

Sementara itu, saat diminta tanggapan soal keberatan dari Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu, Gibran hanya menjawab singkat.

"Tak tinggal blusukan sik ya," jawabnya melalui pesan WhatsApp. /Uti/


Berita Terkait

Jelang Pilkada Solo, Begini Saran Ganjar Buat Gibran Jelang Pilkada Solo, Begini Saran Ganjar Buat Gibran
Golkar Dukung Gibran Maju Pilkada Wali Kota Solo Golkar Dukung Gibran Maju Pilkada Wali Kota Solo
PDIP Jateng Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan Gibran PDIP Jateng Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan Gibran

#Gibran Rakabumi #Pilkada #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar