Terkuak! Inilah Sepuluh Faktor Penentu Kesuksesan Seseorang

Ilustrasi Kesuksesan (Istimewa)

Arah -  Berdasarkan penelitian, ternyata ada tiga hal yang selama ini dianggap sebagai kesuksesan nyatanya bukanlah penentu tercapainya sebuah kesuksesan. Tiga hal itu ialah NEM, IPK dan ranking.

Anggapan bahwa tiga hal tersebut sebagai penentu kesuksesan memanglah sudah lama di benak dan pikiran masyarakat. Jika seseorang mempunyai nilai yang anjlok dalam NEM, IPK dan ranking, maka dia dicap kecil kemungkinannya dalam meraih kesuksesan. Anggapan ini ternyata salah besar.

Hal ini pun sejalan dengan riset yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Thomas J. Stanley, dia melakukan penelitian dengan cara memetakan 100 faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang berdasarkan survey terhadap 733 miliarder di Amerika Serikat.

Hasil penelitiannya ternyata membuktikan bahwa nilai yang baik (NEM, IPK dan rangking) hanyalah faktor sukses urutan ke 30, sementara faktor IQ pada urutan ke-21 dan bersekolah di universitas atau sekolah favorit di urutan ke-23.

Baca Juga: Millenial, Ini 5 Sifat yang Harus Dihindari Seorang Istri
Catat! Ternyata Inilah Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang

Menurut riset Thomas J. Stanley, berikut inilah sepuluh faktor teratas yang akan mempengaruhi kesuksesan:

1. Kejujuran
2. Disiplin keras
3. Mudah bergaul
4. Dukungan pendamping/pasangan
5. Kerja keras
6. Kecintaan terhadap apa yang dikerjakan
7. Kepemimpinan
8. Kepribadian yang kompetitif
9. Hidup teratur
10. Kemampuan menjual ide

Bisa dilihat dari sepuluh faktor teratas dalam meraih kesuksesan ini tidak ada satupun yang berkaitan dengan nilai, baik itu NEM, IPK atau ranking.

Jadi, jika kamu memiliki nilai raport, NEM atau IPK yang rendah, janganlah menganggap hal itu sebagai sebuah masalah besar. Yang mana akibat dari tiga hal itu paling hanya sebatas tidak bisa masuk sekolah atau perguruan tinggi favorit.

Dalam kurikulum yang berlaku di Indonesia, semua hal diatas dikategorikan sebagai soft skill, Biasanya peserta didik memperolehnya dari kegiatan ekstra-kurikuler. Mengejar kecerdasan akademik semata hanya akan menjebak diri sendiri secara nyata. Kejarlah kecerdasan agama dan spiritual, maka kecerdasan lain akan mengikuti dan kesuksesan ada di depan mata kamu.

Berita Terkait

Ingin Lebih Sukses? Coba Praktekin Cara Simpel Berikut Ini Ingin Lebih Sukses? Coba Praktekin Cara Simpel Berikut Ini
Kamu Pasti Nggak Percaya, Jalan Sejauh 1,5 KM Dibuat hanya dengan Alat Ini Kamu Pasti Nggak Percaya, Jalan Sejauh 1,5 KM Dibuat hanya dengan Alat Ini
Ini 3 Kunci Sukses Kuliah untuk Mahasiswa Ini 3 Kunci Sukses Kuliah untuk Mahasiswa

#Motivasi #Inspiratif #Kisah Inspirasi #Kisah Inspiratif #Kesuksesan #Tips Sukses #Kunci Sukses #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar