Kemenag Rilis Hasil Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama 2019

Kementerian Agama Republik Indonesia

Arah -Kementerian Agama merilis hasil survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) tahun 2019. Hasil survei Indeks KUB berada di angka 73,83 atau masuk kategori tinggi.

Penilaian diukur dari tiga indikator yakni indikator toleransi (72,37), kesetaraan 73,72), dan kerjasama (75,40). Indeks KUB tahun 2019 meningkat dibanding indeks tahun 2018 yang berada di angka 70,90.

“Dari hasil survei tahun 2015-2019, angka rata-rata indeks KUB selalu berada di atas 70, atau pada kategori tinggi. Indeks ini memperlihatkan kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia adalah baik,” ujar Ketua Tim Survei Indeks KUB 2019, Adlin Sila di Jakarta, dikutip dari portal Kemenag, Minggu (15/12/2019).

Adlin menjelaskan, indeks KUB mengambil konsepsi dasar kerukunan dalam Peraturan Bersama Menteri (PBM) antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006, yaitu “Suatu kondisi hubungan umat beragama yang toleran, setara dalam menjalankan agama, serta bekerjasama dalam membangun masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar l945”.

Berdasarkan berbagai rumusan dan kesimpulan di atas, untuk memperoleh indeks KUB, survei ini mengukur tiga indikator utama, yaitu toleransi, kesetaraan, dan kerjasama.

"Jadi kerukunan umat beragama terwujud melalui tingginya tingkat toleransi, kesetaraan dan kerjasama,” sambung Adlin.

Dia juga menjelaskan survei KUB tahun 2019 yang dilakukan Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Balitbang dan Diklat Kemenag RI ini melibatkan 13.600 responden yang tersebar di 34 Provinsi. Responden adalah masyarakat Indonesia berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah.

Sementara, enumerator atau surveior menyebarkan kuesioner dengan membacakan langsung item-item pertanyaan kepada seluruh responden yang berjumlah 13.600 mewakili keluarga di 136 kabupaten/kota pada 34 provinsi dengan dua kategori, ibukota dan satelit.

“Survei yang digelar tahun 2019 ini menggunakan metode Multistage Clustered Random Sampling dengan margin of error (MoE) sebesar kurang lebih 4.8% untuk tingkat provinsi, dan kurang lebih 1.7% untuk tingkat nasional, serta tingkat kepercayaan 95%,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Palembang dan Sunda
Kemenag Manfaatkan Media Sosial untuk Sebarkan Moderasi Beragama

Survei KUB 2019 melibatkan 36 peneliti, 1.360 pembantu peneliti (enumerator) dan 20 persen dari total responden dipilih untuk kegiatan spotcheck yang berasal dari Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan. Tujuannya memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan survei.

Adlin dan tim peneliti berharap hasil survei bisa menjadi masukan bagi Pemerintah, pusat maupun daerah, untuk terus meningkatkan kerukunan umat beragama, meminimalisir potensi persoalan, serta menangkal intoleransi dan radikalisme.

Berita Terkait

Prakiraan Cuaca: Sebagian Besar Wilayah Jakarta Cerah Prakiraan Cuaca: Sebagian Besar Wilayah Jakarta Cerah
Ini Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi  Rumah DP Rp0 Ini Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi Rumah DP Rp0
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara

#Toleransi Agama #Kemenag #survei #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar