Mengharukan, Ini Kisah Anak Kuli Angkut yang Raih IPK 3,94 di Unsoed

Kisah Haru Mahasiswi Anak Kuli Angkut (Istimewa)

Arah - Keterbatasan bukanlah halangan dalam meraih sebuah kesuksesan, selama ada tekad yang membara dalam hati, semua rintangan dan kekurangan pasti dapat ditaklukan. Banyak sekali kisah inspiratif mengenai perjuangan seseorang yang sukses menaklukan bangku kuliah, meski dalam kondisi keterbatasan secara biaya.

Tanpa mengurungkan niat dan semangat, mereka berhasil menggunakan toga wisuda dengan perjuangan yang luar biasa. Gambaran itulah yang dirasakan oleh Indri Suwarti. Dengan tekad sekuat baja, ia berhasil meraih hasil terbaik selama kuliah. Gadis 22 tahu itu menjadi lulusan terbaik Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed Purwokerto, dengan nilai IPK nyaris sempurna yakni 3,94.

Tapi, siapa sangka, di balik itu semua ternyata ada perjuangan keras nan mengharukan sehingga Indri berhasil meraih kesuksesan. Seperti apa kisahnya? Simak kisahnya berikut ini.

Awalnya, Indri memilih untuk bersekolah di SMK agar bisa bekerja

Jauh-jauh hari sebelum kisahnya menjadi lulusan terbaik di Unsoed, wanita ini mempunyai kisah haru di balik pilihannya masuk jenjang SMK. Hal ini dilakukannya karena ia ingin bisa langsung bekerja dan tidak berpikir untuk kuliah.

“Alasan saya dahulu masuk SMK, saya pikir setelah itu bisa langsung bekerja. Saya tidak pernah terpikirkan bisa masuk kuliah karena keterbatasan biaya, ujarnya.

Foto: Istimewa

Mendapatkan beasiswa bidikmisi dan berhasil masuk kuliah

Walaupun demikian, keinginannya untuk kuliah tetap tinggi dan membara. Terlebih, niatannya tersebut didukung penuh oleh gurunya saat masih bersekolah di SMK Negeri 3 Purwokerto.

Beasiswa bidikmisi selama kuliah pun berhasil diraihnya, dan dirinya resmi diterima sebagai mahasiswi di Unsoed melalui jalur SBMPTN.

Menjual ayam milik keluarga agar dapat membiayai kebutuhan kuliah

Semasa menjadi mahasiswa, Indri pun tidak hanya belajar saja. Dirinya memanfaatkan waktunya untuk bekerja paruh waktu di sebuah hotel sebagai waitress. Hal ini dilakukannya semata-mata untuk membantu kebutuhannya selama berkuliah. Bahkan, sang ayah sempat menjual ayam peliharaannya demi menutup biaya tersebut.

Baca Juga: Bikin Haru! Dicuekin Salaman, Pangeran Abu Dhabi Datangi Gadis Kecil Ini
Bikin Haru! Kisah Bayi Terlantar yang Kini Jadi Jutawan

Mendapatkan hinaan atas kondisi ekonomi keluarganya dan membuat dirinya semakin termotivasi

Indri mempunyai seorang ayah bernama Natun, ayahnya ini berprofesi sebagai kuli angkat pasir. Sedangkan ibunya yang bernama Toinah hanyalah seorang ibu rumah tangga yang tengah menderita penyakit epilepsi. Dalam segala keterbatasan ini, Indri sempat dihina oleh tetangganya. Hebatnya, Indri melawan hal tersebut motivasi pada dirinya agar bisa meraih kesuksesan.

“Keluarga saya sering dihina oleh tetangga dan dibilang saya melanjutkan kuliah karena mengemis minta bantuan. Karena itulah saya menjadi bersemangat dan berusaha membuktikan kalau saya bisa berprestasi,” katanya

Lulus kuliah dengan IPK 3,94

Semua kerja keras dan perjuangannya selama ini akhirnya terbayar lunas, dirinya berhasil lulus kuliah dan diwisuda sebagai seorang sarjana jurusan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.

Lebih dari itu, ia juga berhasil meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK) 3,94. Tidak menyerah dan pasrah dengan nasib, bergerak dan mau berusaha dengan kemauan yang keras, menjadi kunci dari kesuksesan yang diraih oleh Indri tersebut.Walaupun dirinya sempat dihina, justru hal itulah yang menjadi motivasi kuat untuk tetap berusaha. 

Berita Terkait

Bikin Haru! Kisah Cinta Pasangan Difabel Ini Jadi Inspirasi Banyak Orang Bikin Haru! Kisah Cinta Pasangan Difabel Ini Jadi Inspirasi Banyak Orang
Viral! 24 Tahun Membersihkan Pesawat, Pria Ini Kini Menjadi Pilot Viral! 24 Tahun Membersihkan Pesawat, Pria Ini Kini Menjadi Pilot
Jumlah Mahasiswa Undana yang Dapat Beasiswa BI Kini Bertambah Jumlah Mahasiswa Undana yang Dapat Beasiswa BI Kini Bertambah

#Inspiratif #Kisah Inspiratif #kisah nyata #Viral #kuliah #beasiswa #Bidik misi #mahasiswi #Mahasiswa #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar