Google Earth Telah Petakan 98 Persen Wilayah di Bumi

Google Maps (google.com)

Arah -Google mengklaim telah memetakan lebih dari 16 juta kilometer wilayah bumi. Sementara perekaman Google Earth melalui satelit telah menjangkau 57,9 juta kilometer permukaan bumi atau 98 persen area di mana ada populasi manusia.

Jika mengacu data itu, hanya tinggal sekitar 2 persen area dengan populasi manusia yang belum terjamah satelit Google. Untuk Street View, Google menggunakan kamera yang dipasang di sarana transportasi, manusia hingga hewan, salah satunya unta.

"Citra gambar adalah segalanya bagi kami. Itu menjadi fondasi dari seluruh rangkaian proses pemetaan," ujar Director of Product Google Maps, Ethan Russel seperti dikutip dari 9t05google.

Google Maps sebenarnya bukan ide orisinil Google tetapi ide dua bersaudara asal Denmark, Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen. Pada tahun 2004, keduanya menyampaikan sebuat ide kepada Google. Ide itu terkait peta yang tidak statis tetapi bisa digunakan untuk mencari lokasi dan dapat diperbesar.

Tertarik dengan ide tersebut, Google membeli Where 2 Technologies, perusahaan dua bersaudara Denmark itu. Untuk mendukung ide tersebut, Google juga membeli Keyhole, perusahaan yang mengembangkan software visualisasi bumi yang nantinya dikenal sebagai Google Earth.

[baca_juga]

Setelah itu, Google membentuk tim yang beranggotakan 50 orang untuk mengerjakan Google Maps. Pada 8 Februari 2005, Google Maps dirilis pertama kali di Amerika Serikat yang kemudian disusul di Inggris.

Untuk peta online, Google kalah start dari Yahoo yang lebih dulu merilis Yahoo Maps sejak 2002. Namun Google Maps bergerak lebih cepat dan bahkan jauh lebih populer dibandingkan Yahoo Maps.

Berita Terkait

DKI Sempurnakan Aturan Soal Kredit Rumah DP Nol Persen DKI Sempurnakan Aturan Soal Kredit Rumah DP Nol Persen
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?

#Google Maps #Google Earth #Yahoo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar