Jangan Sampai Tertipu, Ini Jurus Ampuh Tangkal Berita Hoax

Melek literasi media agar mengurangi berita-bertia hoax (istimewa)

Arah - Pada era saat ini sangat penting bagi kita untuk mencari-cari informasi terkini, populasi informasi yang semakin cepat perputarannya membuat masyarakat tidak sampai mencari kebeneran dari suatu berita yang sudah tersebar luas.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah yaitu dengan melakukan literasi media digital yang artinya lewat literasi media digital penerima informasi bisa mengecek ulang kebenaran dari berita tersebut dan juga didapatkan dari sumber terpecaya.

Pengertian dari literasi media itu sendiri ialah untuk dapat menyadari bagaimana cara sebuah media membuat berita ataupun informasi. Salah satu contohnya adalah promo yang dikirimkan melalui pesan singkat dengan harga miring dan tidak masuk akal.

Walaupun tidak selalu penipu dari pihak yang tidak bertanggung jawab namun ada baiknya untuk selalu memastikan ulang informasi terkait promo tersebut.

Baca Juga: Wow! Demi Cinta, Wanita Ini Lamar Kekasihnya dengan Mobil dan Rumah Mewah
Ini Bocoran Empat Nama Calon Wagub DKI

Literasi media juga sangat membantu untuk mengurangi hoax, karena pada saat ini tingkat penipuan di media sosial (hoax) sudah tidak diragukan lagi. Berita hoax pun juga dapat menyebar secara cepat hanya dalam hitungan menit.

Namun bukan berarti dengan adanya sosial media itu juga bukan merupakan hal yang buruk, hanya saja sosial media digunakan dengan tepat dan bijak oleh tangan yang tepat agar dapat menyebarkan dampak yang postif kepada penerimanya.

Gerakan anti hoax dan radikalisme melawan untuk penyebaran hoax dan ini merupakan tanggung jawab untuk seluruh lapisan masyarakat. Karena kalau ini dapat ditanggung bersama maka hoax akan mudah ditangani dan juga bisa diatasi.

Pada tahun 2018 terdapat 50,7% pengguna internet di Indonesia khususnya Facebook sebagai sosial media yang paling banyak menyebarkan berita hoax. Sehingga masyarakat diplatform Facebook itu harus bertindak dengan tegas agar tidak terkena berita hoax dengan cara melek literasi media.

 

Berita Terkait

Berantas Hoax, Kemdikbud Canangkan Literasi Digital Berantas Hoax, Kemdikbud Canangkan Literasi Digital
Antisipasi 'Hoax', Penggunaan Medsos Bagi Siswa Diperketat Antisipasi 'Hoax', Penggunaan Medsos Bagi Siswa Diperketat
Bukan Jakarta, Provinsi Ini Jadi yang Pertama Deklarasi Anti Hoax Bukan Jakarta, Provinsi Ini Jadi yang Pertama Deklarasi Anti Hoax

#literasi #penipuan #Masyarakat Anti Hoax #Berita Hoax #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar