Kemenhub Terapkan Mudik Ramah Penyandang Disabilitas

Ilustrasi penyandang disabilitas (Pxhere)

Arah -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan mudik ramah disabilitas, dengan ikut memberangkatkan puluhan difabel dalam mudik gratis yang secara total memberangkatkan hingga 2.120 pemudik.

Pelepasan mudik gratis pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dilakukan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019). Menurutnya, ini pertama kali pemberangkatan mudik gratis bagi kaum disabilitas dengan menggunakan bus antarkota.

Sebanyak tiga bus khusus untuk para disabilitas diberangkatkan terlebih dahulu. Sedangkan total 53 bus yang diberangkatkan dengan tujuan antara lain Solo, Yogyakarta, Semarang, Boyolali, Malang, Surabaya dan Purwokerto.

“Untuk kuota mudik gratis khusus disabilitas kami telah menyiapkan tiga bus yakni satu bus akses disabilitas untuk kapasitas 20 orang, satu bus ELF untuk pendamping, dan satu bus medium untuk 30 orang tunanetra yang mulai Sabtu akan diberangkatkan 20 penyandang disabilitas beserta pendamping 10 orang,” ujar Sekretaris Ditjen Kemenhub Cucu Mulyana dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Sudah Ramahkah Indonesia untuk Penyandang Disabilitas?
Peran Penting Penanganan Disabilitas Anak Dalam Keluarga

Selain itu, dukungan terhadap kemudahan akses bagi penyandang disabilitas juga diwujudkan dalam revitalisasi terminal. Menurut Cucu, selain mudik gratis ini, Menteri Perhubungan telah memerintahkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk merevitalisasi terminal.

“Diketahui di Indonesia terdapat 143 terminal, tahun ini kami sudah melakukan desain revitalisasi terminal sebanyak 49 terminal. Nanti pada 2020 akan dilakukan revitalisasi 16 terminal secara bertahap. Tentunya hasil dari revitalisasi terminal ini untuk kemudahan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas,” katanya.(ant)

Berita Terkait

Libur Akhir Tahun, Bus Dilarang Naik ke Objek Wisata Breksi Libur Akhir Tahun, Bus Dilarang Naik ke Objek Wisata Breksi
Cegah Antrean Panjang, 16 Gardu Tol Palimanan Dibuka Cegah Antrean Panjang, 16 Gardu Tol Palimanan Dibuka
Jelang Natal, Kebun Binatang Gembira Loka Naikkan Harga Tiket Jelang Natal, Kebun Binatang Gembira Loka Naikkan Harga Tiket

#Libur Natal #libur tahun baru #Disabilitas #bus mudik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar