Inilah Satu-Satunya Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah (Youtube)

Arah -  Masjidil Haram, Mekkah, memiliki sejarah istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Mesjid tersebut salah satu saksi bisu terjadinya Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun siapa sangka salah satu warga Indonesia asal Padang pernah menjadi Imam Besar mesjid yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam.

Baca Juga:
Kisah Muslim Indonesia Salat Tarawih di Pastoran Katolik
Ada Nama Indonesia di Piala Eropa 2016
Teriakkan Allahu Akbar, Latihan Antiteroris di Inggris Dihujat Netizen

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minagkabawi Rahimahullah yang menjadi satu-satunya warga Indonesia yang pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram. Ia berwenang untuk memberikan fatwa pada umat islam pada akhir abad ke-19. Imam Besar yang biasa dipanggil Syeikh Khatib ini lahir di Sumatra Barat, 26 Juni 1860.

Syaikh Khatib meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Makkah, untuk menuntut ilmu pada umur 9 tahun. Ia berguru kepada beberapa ulama yang cukup ternama disana. Syaikh Khatib yang dikenal seorang yang alim dijadikan mufti di Makkah, dan memiliki majelis ilmu di tiang tengah Masjidil Haram pada waktu itu.

Baca Juga:
Raef Haggag Terpikat Masjid Indonesia
Kisah Hafiz Tunanetra yang Bikin Haru di Masjid Istiqlal
Masya Allah! Suara Irwansyah Mengaji Menggetarkan Hati

Setiap hari ratusan ribu umat muslim mendatanginya untuk meminta fatwa dan diajarkan ilmu fiqih Syafi'iyah, dan dua diantaranya adal Hadratus Syaikh Kyai hasyim Asy'ari yang merupakan pendiri organisasi Nahdatul Ulama, dan Kyai Ahmad Dahlan, pendiri pertama organisasi Muhammadiyah.

Sekain menguasai ilmu fiqih Syafi'i, Syaikh Khatib juga menguasai sejarah, astronomi islam, aljabar, serta geometri. Saat berusia 6 tahun Syaikh Khatib sudah khatam dan hafal Alquran 30 Juz, ia belajar agama dari ayahnya sendiri yakni Syeikh Abdul Latif.

Baca Juga:
Ini Masjid Pertama di Kutub Utara, Diangkut Sejauh 4.000 KM
Tak Jadi Beli Ipad, Anak ini Sumbangkan Tabungannya ke Masjid
Penyanyi Jazz Dira Sugandi Mengaji, Begini Suaranya!

Imam Besar Masjidil Haram ini meninggal pada hari senin tanggal 13 Maret 1916 atau 8 Jumadil Awal 1334 Hijriah di Mekkah. Hingga sekarang namanya harum dikalangan pemuka agama, karena telah melahirkan banyak ulama besar khususnya di Indonesia yang sekarang memiliki pengaruh yang cukup kuat.

Berita Terkait

Ahli Astronomi: Puasa dan Lebaran bisa Bareng, asal ..... Ahli Astronomi: Puasa dan Lebaran bisa Bareng, asal .....
 Ramadan, 25.000 Karpet Baru Digelar di Masjidil Haram Ramadan, 25.000 Karpet Baru Digelar di Masjidil Haram
400 Saudagar Muhammadiyah Kumpul di Jogja 400 Saudagar Muhammadiyah Kumpul di Jogja

#Nahdlatul Ulama (NU) #Muhammadiyah #Masjidil Haram #Imam Besar Masjidil Haram

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar