2 Hakim MK Tegaskan Akan Selalu Jaga Imparsial dan Independensi

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: Arah.com)

Arah - Dua Hakim Konstitusi Suhartoyo dan Daniel Yusmic Pancastaki menegaskan akan selalu menjaga sikap imparsial dan independensi. Selain itu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bisa dipetanggungjawabkan berdasarkan hukum, rasa keadilan, dan berdasarkan konstitusi.

“Tidak ada kepentingan apapun setelah kita menjadi Hakim MK meskipun Hakim MK merupakan representasi dari lembaga tinggi negara DPR, MA dan Presiden. Ketika kita sudah jadi Hakim MK kan sudah harus sudah lepas baju dan kita harus (menempatkan) kepentingan semua golongan di atas segala-galanya,” ujar Suhartoyo usai mengikuti Pengucapan Sumpah/Janji sebagai Hakim Konstitusi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Meski pengambilan sumpahnya kali ini untuk periode kedua, Suhartoyo mengatakan akan berusaha selalu amanah, menjaga konstitusi sebagaimana kepentingan keadilan, kepentingan rakyat. Dia berjanji akan menomorsatukan justicia balance.

Sementara Hakim Konstitusi Daniel Yusmic Pancastaki mengatakan, sebetulnya sistem yang dibangun di MK diberi peluang untuk dissenting opinion ataupun concurring opinion.

“Jadi sebenarnya kalau istilah teman-teman 9 pilar itu 9 dewa, jadi tentu tidak mungkin dalam semua hal pasti kita akan sependapat karena itu selalu ada dissenting opinion ataupun concurring opinion,” tegas Daniel dilansir portal setkab.

Baca Juga: Mau Dipensiunkan, Ini Penampakan Mobil yang Setahun Hanya Laku Satu Unit
Ketua KPK Diduga Terima Suap, Begini Reaksi Mengejutkan Firli Bahuri

Mengenai perbincangan dengan Presiden Jokowi sebelum pengucapan sumpah, baik Hakim Konstitusi Suhartoyo maupun Daniel Yusmic Pancastaki mengaku tidak ada materi subtansial yang dibicarakan.

Berita Terkait

Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?

#Mahkamah Konstitusi #Hakim MK #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar