Viral Video Pemakaman Jenderal Soleimani yang Dihadiri Jutaan Orang

Pemakaman Soleimani (Istimewa)

Arah - Sejumlah jutaan masyarakat Iran berbondong-bondong turun ke jalan untuk mengarak jenazah perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Salat jenazahnya sendiri dipimpin langsung oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Terlihat juga beberapa pejabat negara yang ikut menyalatkan jenazah Soleimani yang diadakan di Teheran University pada hari Senin (5/1).

Sebelum prosesi salat jenazah dilakukan, beberapa jam setelah tiba dari Irak. Jasad pria 62 tahun itu diarak ke sejumlah kota sebelum dimakamkan pada Selasa (7/1).

Jenazah Soleimani disemayamkan di sebuah kuil Syiah di kota suci Qom, Teheran Selatan, dan pada akhirnya dimakamkan di kampung halamannya di Kerman.

Pasukan Garda Revolusi Iran bahkan membatalkan iring-iringan jenazah Soleimani di kota Mashadd, menyusul luapan jutaan simpatisan yang turut berduka dan turun ke jalanan.

Berdasarkan pantauan siaran langsung pemakaman Soleimani, sejumlah jutaan warga Iran turun ke jalanan Teheran dan sebagian besar dari mereka mengenakan pakaian serba hitam sambil membawa bendera Iran dan foto Soleimani. Terlihat juga beberapa dari mereka membawa poster bernada Anti-Amerika.

View this post on Instagram

A post shared by OMG INFO ID (@omg.info.id) on

Baca Juga: Khawatir Perang Dunia III Terjadi, Indonesia Akan Evakuasi WNI di Iran
Perang Dunia III Terjadi, Bagaimana Nasib WNI di Iran?

Mendiang Soleimani sendiri digadang-gadang sebagai seorang tokoh besar di Iran. Dirinya dipandang sebagai salah seorang arsitek yang mmapu memperkuat pengaruh Iran di Timur Tengah. Mengutip laman CNN, pemerintah Iran telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional sebagai respon atas kematian Soleimani.

Berita Terkait

Fakta Qassem Soleimani, Jenderal Iran yang Kematiannya Picu Perang Dunia 3 Fakta Qassem Soleimani, Jenderal Iran yang Kematiannya Picu Perang Dunia 3
Video Detik-detik Iran Serang Pangkalan Militer AS dengan Belasan Rudal Video Detik-detik Iran Serang Pangkalan Militer AS dengan Belasan Rudal
Dubes Iran Untuk PBB: Pembunuhan Soleimani Oleh AS Sama Saja Dengan Perang Dubes Iran Untuk PBB: Pembunuhan Soleimani Oleh AS Sama Saja Dengan Perang

#Internasional #jenderal #Iran #Amerika Serikat #konflik #Perang #Militer #Pemakaman #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar