Dengarkan Lagu Kesukaan Bantu Kembalikan Ingatan Penderita Demensia

Perangkat untuk mendengarkan musik (Pxhere)

Arah -Musik sudah manjadi bagian dari kehidupan manusia. Besar-kecil, tua-muda banyak yang suka mendengarkan musik. Namun mungkin banyak yang belum tahu kalau mendengarkan musik yang familiar ternyata membantu ingatan lansia yang mengalami demensia.

Nina Kraus, peneliti dan ilmuwan saraf Laboratorium Neuroscience Auditory di Universitas Northwestern, mengungkapkan adanya hubungan erat antara sistem memori di otak dengan pendengaran. Menurutnya, suara berevolusi sangat lama dan berakar pada sistem saraf.

"Kenangan yang kita ciptakan, hubungan suara dengan makna yang kita punya dan yang kita buat sepanjang hidup kita akan selalu ada. Ini hanya bagaimana mengaksesnya," ujarnya dilansir di NPR.org.

Kraus menambahkan, musik membawa pendengarnya berpikir, merasakan, mengingat dan bergerak dengan suara sehingga bisa membangkitkan ingatan yang telah hilang. Kekuatan musik telah dikenal sebagai salah satu media pengobatan pasien demensia di sejumlah tempat.

Maria Chait dari University College London Ear Institute merupakan salah satu peneliti peran musik di otak. Dia melakukan penelitian kecil dengan mengamati respons otak terhadap lagu-lagu populer yang akrab di telinga.

Baca Juga: Video Pramugara Lion Air Suapi Lansia di Pesawat Viral di Medsos
Lansia Berusia 73 Tahun Melahirkan Bayi Kembar

Tujuan penelitian yang telah diterbitkan pada Oktober 2019, adalah mengukur seberapa cepat otak merespons musik yang familiar. Hasil penelitian menunjukkan respons terhadap lagu-lagu jauh lebih cepat dan lebih kuat dibanding respons terhadap lagu-lagu yang masih terdengar asing. Respons terhadap lagu-lagu populer muncul dalam sepertiga detik, atau 300 milidetik.

"Hasil kami mengonfirmasi memori untuk musik memiliki pegangan yang dalam dan dipertahankan otak dengan sangat kuat," katanya.

Berita Terkait

Empat Bahan Alami Ini Dipercaya Ampuh Lawan Penyakit Pancaoba Empat Bahan Alami Ini Dipercaya Ampuh Lawan Penyakit Pancaoba
Kenali Fibromyalgia, Penyakit yang Diderita Lady Gaga Kenali Fibromyalgia, Penyakit yang Diderita Lady Gaga
Terkuak, Ini Alasan Minum Obat Tidak Boleh dengan Susu Terkuak, Ini Alasan Minum Obat Tidak Boleh dengan Susu

#Musik #Dementor #Penyakit #kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar