Tips Menentukan Desain Undangan Pernikahan 2020

Foto Undangan Pernikahan (Sumber Google)

Arah - Bagi Anda yang tengah bingung menentukan desain undangan pernikahan kekinian tahun 2020 tak usah galau. Anda hanya perlu mengikuti model terbaru dan yang tak kalah penting, Anda perlu menyesuaikan desain dengan sejumlah aturan dalam agama Islam. Tujuannya tidak lain agar undangan yang Anda buat sejalan dengan syariat dan mampu memberikan berkah. Apa sajakah tipsnya?

Hari H menjelang, sudahkah Anda memikirkan desain undangan pernikahan yang cocok untuk dipakai nanti? Ya, pilihan tersebut perlu dipikirkan secara matang. Pasalnya, undangan tersebut kelak bakal diaplikasikan buat berbagai macam format, mulai dari digital hingga cetak.

Persiapan pernikahan perlu digagas dari jauh-jauh hari. Dekorasi gedung, pakaian, souvenir, hingga dokumentasi adalah beberapa hal tersebut. Namun tetap, undangan pernikahan juga tak boleh dilupakan karena ia juga merupakan aspek yang penting untuk Anda garap.

Selain sebagai bentuk pengumuman hari spesial Anda bersama pasangan, surat undangan juga bisa jadi gambaran akan konsep acara yang berlangsung kelak. Bingung memulai dari mana? Berikut tips menentukan desain undangan pernikahan tahun 2020 sebagai berikut:

1. Tentukan tema pernikahan
Tips desain undangan pernikahan yang pertama adalah menentukan konsep serta tema yang akan diusung pada hari H nanti. Anda harus memiliki gagasan tentang jenis acara yang akan gelar, baik itu klasik dan elegan, kasual dan santai, atau glam dan modern.

Segera setelah menentukan tema, kaitkan semuanya dengan desain yang hendak dibuat. Cari referensi gaya di berbagai situs contoh undangan pernikahan, tentukan mana yang paling pas. Hal ini dilakukan agar tema yang Anda pilih tidak melenceng dari desain undangan.

2. Pilih kalimat secara bijak
Pelajari aturan kalimat yang tersusun dalam undangan pernikahan Anda. Pilih perbendaharaan kata yang santun dan sesuai, jangan lupa masukkan ayat suci Alquran atau hadits tertentu. Potongan ayat tersebut bisa menjadi harapan sekaligus doa agar pernikahan langgeng.

Selain pemilihan kalimat, tulis pula seluruh keterangan secara lengkap dan teliti. Ingat, jangan sampai ada keterangan yang terlewat sedikit pun! Nama Anda dan pasangan secara lengkap, nama ayah dan ibu, alamat akad dan resepsi, hingga waktu serta tempat.

Sebagai referensi, gunakan kutipan, ayat suci serta kalimat lainnya seperti di bawah ini:

1. “Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separuh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separuh lainnya.” (HR. Baihaqi)
2. “Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan reski yang melimpah (yaitu: Surga)” (Qs. An Nuur ayat 26)

3. “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi pelindung (penolong) bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Qs. At Taubah ayat 71).

Baca Juga: Inilah 3 Masjid yang Terkenal Eksis di Israel
Hati-Hati! Bahwa Mie Instan kemasan Cup Ternyata Lebih Tidak Sehat

3. Salurkan kreativitas dalam desain
Terlepas dari tema dan kalimat yang tersusun, Anda tak boleh mengabaikan berbagai macam kreasi menarik untuk diimplementasikan. Ciptakan desain undangan pernikahan yang menarik, baik membuat dari nol maupun memakai template dalam beberapa platform desain.

Pilih warna dan motif yang sesuai dengan keinginan pribadi, namun tetap sinkron berdasarkan tema. Sebagai contoh jika hendak mengusung tema klasik, warna gading, krem, hingga putih yang disandingkan dengan font hitam atau emas, bisa jadi pilihan tepat.

Soal ukuran, kartu undangan berbentuk persegi 4,5 x 6,25 inci sering menjadi pilihan. Meski begitu, Anda bisa menciptakan dengan ukuran yang unik dan berbeda walau efisiensi tak boleh dikesampingkan. Pikirkan pula ukuran kartu undangan dalam format digital.

Itu tadi tips menentukan desain undangan pernikahan tahun 2020. Selebihnya, konsultasikan pada orang yang lebih ahli agar hasilnya dapat memuaskan kelak. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
PKB Gelar Nikah Massal, Cak Imin Jadi Saksi PKB Gelar Nikah Massal, Cak Imin Jadi Saksi
Begini Sabda Rasulullah Soal Pernikahan Usia Muda Begini Sabda Rasulullah Soal Pernikahan Usia Muda

#undangan pernikahan #nikah #menikah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar