Terkuak! Ternyata Beginilah Cara Tanaman Tidur di Malam Hari

Cara Tanaman Tidur (YouTube)

Arah - Semua makhluk hidup di dunia pasti membutuhkan yang namnya tidur, termasuk kita manusia. Namun apakah kamu pernah berfikir bagaimana cara tanaman tidur?

Berdasarkan keterangan dari para ilmuwan, pohon tertidur dengan cara menyantaikan dahan pohonnya ketika malam tiba. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan terhadap pohon Birch (Betula Pendula).

Penelitian itu dilakukan dengan cara menyiapkan laser untuk mengukur pergerakan dua pohon birch pada malam hari. Dua pohon birch dijadikan sebagai objek penelitian, yang satu ada di Finlandia, sedangkan yang satu lagi di Australia. Kedua pohon ini diamati sejak senja hingga pagi hari saat malam berangin di bulan September.

Sinar inframerah yang digunakan sebagai scanner laser itu digunakan untuk menerangi bagian berbeda dari pohon yang sedang dipantau yang berfungsi untuk menunjukkan detail pergerakan tiap bagian pohon setiap harinya.

Apakah pohon juga perlu tidur di malam hari?

Dahan dan daun pohon birch melorot ketika malam hari tiba. Dahannya sendiri mencapai posisi terendah beberapa jam sebelum matahari terbit dan kemudian dahan itu kembali lagi pada posisi semula.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa seluruh pohon terulai selama malam, yang dapat dilihat sebagai perubahan dari cabang dan daun,” tulis pimpinan peneliti, Eetu Puttonen, seorang peneliti di Finalndia Geospasial Research Institute, melansir laman Live Science.

“Perubahan tidak terlalu besar hanya sampai 10 cm untuk pohon dengan ketinggian mencapai 5 meter,” tambahnya.

Baca Juga: Buktikan Cintanya ke Istri, Pria Ini Tanam 6000 Pohon Hingga Berbentuk....
Viral! Surat yang Ditulis dari Turis Jepang Kini Heboh Diperbincangkan

Belum diketahui secara pasti apakah matahari yang membangunkan tanaman saat pagi tiba ataukah tanaman-tanaman tersebut memiliki jam internal sendiri ketika terbangun. Namun melihat fakta bahwa cabang pohon mulai kembali ke posisi semula sebelum matahari terbit, berarti hal ini membuktikan bahwa tanaman mempunyai jam alamiahnya sendiri. Demikian keterangan dari para peneliti di Jurnal Frontiers in Plant Science pada 29 Februari 2016 lalu.

Berita Terkait

Dahsyat! Tanaman Ini Mampu Membunuh Sel Kanker Hanya dalam Waktu 16 Jam Dahsyat! Tanaman Ini Mampu Membunuh Sel Kanker Hanya dalam Waktu 16 Jam
Peneliti Temukan Kasus Kanker Tertua di Dunia Peneliti Temukan Kasus Kanker Tertua di Dunia
Percaya atau Tidak, Hewan Tikus Berperan Penting dalam Penelitian Percaya atau Tidak, Hewan Tikus Berperan Penting dalam Penelitian

#tidur #Jam Tidur #Pola Tidur #tanaman #Bibit Pohon #Riset/ Penelitian Ilmiah #Peneliti #Penelitian #peneliti ilmiah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar