'Ronaldo Effect' Nyalakan Kembali Pamor Liga Italia

Cristiano Ronaldo (Antara)

Arah - Megabintang sepakbola Cristiano Ronaldo tengah menjalani musim keduanya bersama klub raksasa Italia, Juventus. Kedatangan Ronaldo ke Turin pada 2018 memberikan efek positif pada Liga Italia yang sebelumnya tenggelam dibanding Liga Inggris dan Spanyol.

Sulit dipungkiri, kepopuleran Ronaldo mendongkrak pamor Liga Italia yang sebelumnya meredup. Ronaldo membantu Liga Italia mendapat lebih banyak publisitas, tak hanya di Eropa dan dunia.

Sebelum Ronaldo pindah ke Juventus dari Real Madrid, Serie A dinilai kalah bersaing dan kurang kompetitif dibanding Liga Inggris dan Spanyol. Tak heran jika bintang top dunia lebih memilih bermain di dua negara tersebut.

Kini setelah kedatangan Ronaldo yang dilansir Calciomercato dengan istilah 'Ronaldo Effect', Liga Italia mulai dilirik pemain top dunia. Kapten timnas Portugal itu menjadi magnet yang mampu menarik minat pemain lain untuk mengikuti jejaknya.

Aaron Ramsey, Romelu Lukaku, Alexis Sanchez dan Matthijs de Ligt adalah contoh awal pemain yang menyusul Ronaldo untuk berkarier di Italia. Mereka bermain di klub besar Serie A seperti Juventus dan Inter Milan. Tidak menutup kemungkinan, pemain lain akan segera menyusul.

"Sejak kedatangan Ronaldo, Serie A semakin membaik. Ada yang berubah, situasi saat ini memungkinkan merekrut pemain bintang," ujar jurnalis olahraga Italia, Gianluca Di Marzio dikutip dari Calciomercato.

Baca Juga: Susul Messi dan Ronaldo, Salah Dibuatkan Patung Lilin Madame Tussauds
Rashford Absen Lama, Carlos Tevez Disebut BIsa Jadi Solusi MU

Menurutnya, kedatangan pemain berusia 34 tahun itu berdampak positif untuk Liga Serie A. Dia mengakui beberapa tahun lalu, pemain top lebih memilih bermain di Liga Premier, La Liga, atau Bundesliga.

"Kami mulai menjadi liga yang kompetitif lagi dan para pemain ingin datang ke Italia karena negaranya luar biasa, dan permainannya yang fantastis," tandasnya.

'Ronaldo Effect' sepertinya masih akan terasa dalam beberapa tahun ke depan. Di bursa transfer Januari 2020, pemain Tottenham Hotspur, Christian Eriksen dikabarkan tengah dalam proses kepindahannya ke Inter Milan.

Berita Terkait

Gol Gaya Michael Jordan Kreasi Ronaldo Jadi Perbincangan             Gol Gaya Michael Jordan Kreasi Ronaldo Jadi Perbincangan
Penalti Kontroversial Ronaldo Jadi Sorotan Senator Italia Penalti Kontroversial Ronaldo Jadi Sorotan Senator Italia
Puji 'CR7 Air Jordan', Materazzi Bandingkan dengan Golnya di Piala Dunia Puji 'CR7 Air Jordan', Materazzi Bandingkan dengan Golnya di Piala Dunia

#Cristiano Ronaldo #Liga Italia #Juventus #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar