Virus Corona Tak Berdampak pada Ekspor-Impor Indonesia

Ilustrasi ekspor barang (Pixabay)

Arah - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan virus corona yang mewabah di Wuhan tidak berdampak pada perdagangan ekspor dan impor antara Indonesia dengan China.

"Kalau untuk ekspor ini kita menghadapi virus corona, saya rasa tidak ada dampaknya. Di sana juga tetap kita jalankan sesuai prosedur negara penerima ekspor kita," ujarnya di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Agus menilai China masih menjadi pasar utama bagi Indonesia sehingga pemerintah belum mengeluarkan kebijakan khusus terkait pembatasan produk impor dari negara tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang 2019 China masih menjadi pasar ekspor nonmigas terbesar Indonesia. Total nilai ekspor Indonesia ke China mencapai 25,85 miliar dolar AS atau sekitar 16,68 persen dari total ekspor.

"Situasi itu, karena berkaitan dengan negara China, sangat besar dengan 1,7 miliar penduduk. Jadi potensinya besar sekali," kata Agus.

Soal pembatasan produk impor dari China dan negara-negara terdampak lainnya, Agus menambahkan Kemendag masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian mengingat virus corona ini merupakan kejadian baru.

"Kita nanti akan sikapi dengan Kementerian Kesehatan mengenai masalah itu. Pembatasan lainnya akan kita lihat dan evaluasi karena kejadian sangat baru dan berkembang sangat cepat, kita harus antisipasi," kata Agus.

Baca Juga: Pakar Paru: Angka Kematian Akibat Corona Lebih Rendah Dibanding SARS
Ade Rai Bongkar Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Ala Aria Permana

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 26 Januari 2020 menyebutkan 2.014 orang positif terjangkit virus corona atau novel coronavirus (nCov) dan 56 meninggal dunia.

Dari total 2.014 kasus yang terkonfirmasi, 1.985 kasus dilaporkan berasal dari China termasuk 5 kasus di Hong Kong, 2 kasus di Macau, dan 3 kasus di Taipei.

Negara tetangga yang berbatasan dengan Indonesia, yakni Malaysia yang sebelumnya tidak terjadi penyebaran virus corona kini melaporkan ada 3 kasus sekaligus pada 26 Januari 2020. Sementara, di Thailand terdapat 5 kasus, Singapura 4 kasus, dan Australia 4 kasus.(ant)

Berita Terkait

Indonesia Berhasil Tekan Selisih Ekspor-Impor China Indonesia Berhasil Tekan Selisih Ekspor-Impor China
Virus Corona Gemparkan Dunia, Warga Jakarta Diminta Waspada Virus Corona Gemparkan Dunia, Warga Jakarta Diminta Waspada
Perdagangan ASEAN, China Catat Rekor Perdagangan ASEAN, China Catat Rekor

#China #Indonesia #Ekspor #Impor #Virus Corona #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar