Terkuak, Sektor Inilah yang Membuat Dubai Jadi Kota 'Super Tajir'

Sumber Utama Devisa Kota Dubai (Istimewa)

Arah - Mendengar nama kota Dubai, terbesit seketika gambaran kota yang mewah dan penuh gemerlap kehidupan super tajir. Walaupun berdiri di atas tanah yang tandus, namun nyatanya Dubai dapat berkembang menjadi salah satu kota di dunia yang paling pesat perkembangannya.

Kebanyakan orang mungkin berfikir bahwa kekayaan yang dimiliki Dubai berasal dari minyak bumi saja, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, kenyataannya banyak sektor lain yang turut memberikan pemasukan devisa bagi Dubai.

Mengutip data pada tahun 2014, ternyata minyak hanya menyumbangkan sebesar 7 persen dari total pendapatan Dubai yang mencapai 100 miliar dollar AS itu. Lantas sektor apa saja yang menyumbang devisa bagi Dubai selain minyak?

1. Harga tanah yang sangat mahal

Harga tanah yang melambung tinggi di Dubai disebabkan oleh pesatnya pembangunan di kota super rich itu, walaupun sebelumnya dibangun di atas gurun pasir yang tandus.

Lantaran banyaknya sektor bisnis yang dibangun disana, tidak heran ketika harga tanah disana melambung tinggi.

2. Investasi negara-negara barat

Kira-kira darimanakah Dubai mendapatkan banyak dana hingga mampu menyulap gurun pasir menjadi kota yang super tajir? jawabannya ialah investasi dari negara-negara barat, mereka menanam modal di Dubai untuk membangun banyak sektor bisnis seperti real estate, misalnya Burj Khalifa, Burj Al-Arab, Dubai Marina dan Jumeirah Village.

Jadi jangan heran melihat gaya hidup masyarakat disana yang seperti orang-orang barat meskipun mayoritas penduduknya Muslim.

[baca_juga]

3. Banyaknya industri pariwisata dan penerbangan

Tulang punggung perekonomian Dubai salah satunya ialah industri pariwisata dan penerbangan. Dua sektor inilah yang perkembangannya paling pesat dibandingkan sektor-sektor bisnis lain di Dubai. Banyaknya wisatawan asing membuat industri penerbangan pun ikut berkembang, sebut saja maskapai penerbangan seperti Fly Emirates hingga Etihad Airways, maskapai tersebut dikenal sebagai maskapai penerbangan kelas mewah.

Dibangunnya gedung-gedung pencakar langit mewah seperti Burj Khalida dan Burj Al-Arab bertujuan untuk menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Pemandangan yang eksotis nan mewah juga merupakan salah satu daya tarik Dubai.

Berita Terkait

Bikin Bangga, Pelari Berhijab Indonesia Ini Pecahkan Rekor Dunia Bikin Bangga, Pelari Berhijab Indonesia Ini Pecahkan Rekor Dunia
Ngeri! 5 Kota di Dunia yang Diprediksi Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk Ngeri! 5 Kota di Dunia yang Diprediksi Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk
Cobain Tiga Pilihan Lokasi Wisata Bersama Keluarga di Dubai Cobain Tiga Pilihan Lokasi Wisata Bersama Keluarga di Dubai

#unik #Dubai #Wisata Dubai #Bandara Dubai #Kaya #Kota Populer #Sektor Industri #Uni Emirat Arab #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar